257 Petani di Mukomuko Terima Kucuran Dana Replanting

257 Petani di Mukomuko Terima Kucuran Dana Replanting

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Sebanyak 257 petani yang tergabung dalam tiga kelompok di Kabupaten Mukomuko telah menerima penyaluran dana untuk melaksanakan program peremajaan kelapa sawit atau replanting dari Badan Penggelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). “Sebanyak 257 petani telah menerima kucuran dana peremajaan tanaman kelapa sawit. Selanjutnya petani yang tergabung dalam kelompok itu mulai mengatur tender, penyedia alat berat dan bibit sawit,” ujar Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Junaidi SP melalui Verifikator Peremajaan Sawit Rakyat, Roni Linbong.

Disampaikannya, 257 petani kelapa sawit ini tergabung dalam tiga kelompok tani. Yakni sebanyak 129 anggota KRP Tunas Harapan, 65 anggota KRP Tanera Sejahtera dan 63 anggota Kelompok Tani Karya Muda. Untuk KRP Tunas Harapan Desa Manjuto Jaya dengan lahan 167,32 hektar, kelompok Tani Karya Muda Desa Setia Budi seluas 90,2 hektar dan kelompok KRP Tanera Sejahtera di Desa Bunga Tanjung dengan luas 129 hektar. “Terkait pelaksana pekerjaan, pihaknya menyerahkan kepada kelompok tani yang bersangkutan untuk mencari pihak ketiga sebagai penyedia alat berat untuk melakukan penumbangan dan pencacahan pohon kelapa sawit penyedia bibit kelapa sawit unggul,” katanya.

Selanjutnya, kelompok tani agar mengusulkan kebutuhan anggaran tanaman yang belum menghasilkan mulai dari 0 tahun hingga tiga tahun kepada Dinas Pertanian, kemudian dinas yang memberikan rekomendasi pencairan dana tersebut. Kucuran dana untuk peremajaan sawit rakyat yang tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua tahun ini sebesar Rp 30 juta per hektar, atau meningkat dibandingkan sebelumnya sebesar Rp 25 juta per hektar. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: