Nakes Sasaran Vaksin Pertama di Seluma

Nakes Sasaran Vaksin Pertama di Seluma

TAIS, bengkuluekspress.com - Sebanyak 1000 lebih tenaga kesehatan di Kabupaten Seluma di rencanakan akan menerima Vaksin Covid-19 pertama, Ini setelah Provinsi Bengkulu mendapatkan Vaksin Sinovac untuk tahap pertama dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) sebanyak 20.280 dosis.

\"Berdasarkan instruksi yang pertama tenaga Nakes, tenaga nakes seluma ini berjumlah 1000 lebih. Diberikan dua kali setelah 14 hari kemudian,\"ucap Kepala Dinkes Seluma Rudi Sawaludin SSos kepada wartawan.

Lanjutnya, mulai tangal 6 Januari sampai 9 januari 2021, akan di adakan pelatihan terlebih dahulu terhadap petugas khusus secara daring dari Ciroto. Setelah tahapan tersebut di lakukan baru akan ke sasaran.

\"Kita masih menunggu dari provinsi, kalau vaksin itu memang belum akan di berikan langsung, karena ada tahap tahapannya,\"terangnya.

Ditambahkannya, bahwa setelah Nakes selanjutnya TNI,Polri dan Dinas dinas pelayanan Publik, dan kemudian setelah itu baru untuk umum.

\"Kita kan sifatnya bertahap. Kalau sasaran kita sudah ada semua sesuai dengan petunjuk juknis. Kita tunggu saja vaksin nya,\"jelasnya.

Menurutnya bahwa untuk kriteria penerima vaksin tersebut, di mulai dari 18 tahun ke atas, namun hal vaksin tersebut tidak akan di berikan kepada yang tidak mempunyai riwayat covid-19 serra riwayat penyakit penyerta.

\"18 tahun keatas kalau sudah pernah riwayat Covid-19 tidak lagi divaksin. Dan untuk 50 tahun keatas tergantung riwayat penyakitnya, pernah riwayat Covid-19 dan penyakit penyerta lain tidak, kalau pernah, maka tidak divaksin lagi,\" pungkasnya.

Rudi menambahkan, persiapan ruangan untuk menyimpan vaksin juga telah dilakukan Dinkes Kabupaten Seluma, yakni di gudang logistik. Gudang tersebut telah disiapkan lemari es (refrigator), serta mesin pendingin ruangan agar suhu di dalam gudang tetap terjaga.

\"Sudah kami siapkan ruangannya di gudang, dan memang lemari esnya juga sudah lama kami miliki untuk menyimpan berbagai jenis logistik. Tak hanya itu kami juga sudah menyiapkan generator listrik, agar tidak terganggu pendinginannya jika listrik sedang padam,\" jelasnya.

Adapun sampai saat ini Dinkes belum mendapat informasi dari Dinkes Provinsi Bengkulu, terkait jadwal distribusi vaksin ke Seluma.

\"Kami belum mendapat informasi mengenai jadwal distribusinya, tetapi jika sudah tiba akan kami upayakan agar vaksin tidak lama disimpan dan langsung digunakan,\" jelasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: