Bank Muamalat Harkat Terus Tumbuh

Bank Muamalat Harkat Terus Tumbuh

\"DirekturBENGKULU, BE- Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Muamalat Harkat terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Saat ini bank tersebut memiliki aset mencapai Rp 26,8 miliar. Padahal pada awal berdirinya  pada tahun 1996, nilai aset yang dimiliki sebesar Rp 200 juta.

\"Alhamdulillah setiap tahunnya terus mengalami pertumbuhan. Rata-rata pertumbuhan setiap tahunnya adalah sebesar 20 persen,\" ungkap Direktur Utama Bank Muamalat Harkat, Dharma Setiawan SE.

Sebagai bank pembiayaan tentunya bank ini terus konsisten untuk membatu pembiayaan khusunya usaha kecil mikro (UKM). Menurut Dharma saat ini nasabah pembiayaan sudah mencapai 2 ribu nasabah dengan total dana yang disalurkan mencapai Rp 22 miliar dari total aset mereka Rp 26,8 miliar. Menurutnya, pencapaian ini tidak didapat dengan mudah terlebih lagi pada awal-awal berdirinya bank.\"Setelah dua tahun berdiri, Yaitu pada tahun 1998 nilai aset kita hanya meningkat 50 persen yaitu menjadi Rp 300 juta,\" beber Dharma.

Menurutnya hal tersebut dikarenakan ada miss komunikasi manajemen. Menyadari hal tersebut, dilakukan pembenahan dan akhirnya berhasil. Terlebih lagi pada usia 10 tahun pada 2006 lalu,  pertumbuhan mencapai 100 persen dan pada saat itu nilai asetnya menjadi Rp 12 miliar.

\"Tahun 2006 bisa dibilang awal tahun keemasan bank ini karena pada saat itu pertumbuhannya mencapai 100 persen,\" terang Dharma. Untuk penghimpunan dana pihak ketiganya, saat ini sudah mencapai 7 ribu nasabah dengan total dana yang dikumpulkan sebanyak Rp 14,2 miliar. Selain itu mereka juga melakukan kerjasama dengan berbagai perbankan syariah untuk menambah modal. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: