HUT Lebong ke-17 Hanya dengan Upacara Bendera

HUT Lebong ke-17 Hanya dengan Upacara Bendera

LEBONG, bengkuluekspress.com – Belum berakhirnya pandemik wabah Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun hingga akhir tahun 2020 ini, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong memutuskan untuk menggelar perayaan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lebong ke-17, hanya digelar dengan melaksanakan upacara bendera. Kepala Bagian (Kabag) Protokoler Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Riki Irawan SSos MSi mengatakan, bahwa upacara bendera sendiri akan dilaksanakan besok (hari ini) tanggal 18 Desember 2020, di lapangan upacara kantor Bupati Lebong.

“Ini upacara perdana untuk HUT Kabupaten Lebong yang digelar pada bulan Desember, karena sebelumnya HUT dilaksanakan pada bulan Januari,” jelasnya, Kamis (17/12).

Setelah pelaksanaan upacara bendera nantinya akan diisi dengan memberikan berbagai penghargaan yang akan diserahkan oleh bapak bupati dan selanjutnya pada siang harinya, akan dilaksanakan rapat paripurna istimewa oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebong.

“Nanti baik upacara dan rapat paripurna istimewa, akan ditempatkan petugas kesehatan untuk mengecek suhu tubuh peserta yang akan ikut,” sampainya.

Dalam pelaksanaan upacara nantinya, untuk jumlah pesertanya akan dibatasi. Hal tersebut untuk menghindari kerumunan dalam jumlah yang banyak. Dimana nantinya yang ikut yaitu seluruh pejabat eselon III, tokoh-tokoh masyarakat seperti presedium, undangan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD) dan undangan yang lainnya.

“Karena di masa pandemik, maka peserta akan dibatasi dan jarak dari masing-masing peserta juga akan diatur,” ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi mengatakan bahwa, memang sebelumnya melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Perubahan tahun 2020, Pemkab Lebong telah menyiapkan berbagai kegiatan yang digelar minimal 1 minggu sebelum hari H.

“Mulai dari kegiatan olahraga, pameran pembangunan hingga pesta rakyat,” sampainya.

Akan tetapi karena wabah Covid-19 yang saat ini masih terjadi, maka agenda yang sebelumnya telah disiapkan, terpaksa dibatalkan dan hanya 2 agenda yang dilaksanakan yaitu upacara bendera serta rapat paripura istimewa di DPRD Lebong.

“Dalam pelaksanaan upacara bendera dan rapat paripurna istimewa, kita tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” tutupnya.

Mulai dari kegiatan olahraga, kesenian, dan lomba-lomba sampai ke pesta rakyat dan pameran pembangunan. Namun akibat perkembangan Covid-19 hanya dua agenda yang akan dilaksanakan. (614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: