Puskaki Minta Bawaslu Seluma Tegas

Puskaki Minta Bawaslu Seluma Tegas

TAIS, bengkuluekspress.com - Pusat Kajian Anti Korupsi (Puskaki) Provinsi Bengkulu meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Seluma untuk tegas dalam memproses dugaan pelanggaran yang dilakukan pengawas desa dan Kecamatan Sukaraja yang saat ini sedang diproses Bawaslu Seluma.

Ketua Puskaki Provinsi Bengkulu, Melyansori mengatakan, Bawaslu Seluma harus tegas dalam memutuskan dugaan pelanggaran ini. Karena ini menyangkut citra dan nama baik Bawaslu Seluma selaku penyelenggara Pemilu. Sikap tegas ini harus ditunjukkan, untuk menjaga nama baik tersebut tetap terjaga. Nama Bawaslu Seluma tercoreng dengan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan pengawas desa dan kecamatan Sukaraja ini.

\"Putusan pleno dari hasil pemeriksaan terhadap pengawas desa dan kecamatan sangat ditunggu masyarakat. Akibat dugaan pelanggaran yang dilakukan pengawas Sukaraja ini, benar-benar ujian berat yang menimpa Bawaslu Seluma,\" kata Melyansori.

Melyansori mengatakan dari rekaman suara pertemuan pengawas dengan tim pemenangan paslon bupati nomor urut 2, Andri Simbolon tersebut jelas terdengar bahwa pengawas desa dan kecamatan Sukaraja ini dikondisikan. Pengondisian oleh Andri Simbolon yang merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Seluma dan Ketua Pemuda Muhamadiyah Seluma ini adalah untuk mendukung dan memenangkan calon bupati nomor urut 2, Edison Simbolon-Khairi Yulian pada Pilkada 9 Desember mendatang.

\"Pelanggarannya ini sudah jelas. Bukti rekaman itu sebetulnya sudah cukup kuat buktinya, tinggal keberanian pihak Bawaslu Seluma untuk memutuskannya,\" terang Meliyansori.

Bawaslu Seluma harus memberikan sanksi kepada pengawas desa dan Kecamatan Sukaraja, kata Melyansori. Walau saat pemeriksaan, 10 pengawas desa dan 3 pengawas kecamatan Sukaraja ini membantah dan tidak mengakui. Karena bukti rekaman suara 51,1 menit tersebut telah kuat untuk memutuskan pelangaran tersebut.

\"Di dalam rekaman terdengar ada pembagian blanko, jadi sudah jelas ini pengondisian. Netralitas sebagai penyelenggara Pemilu telah tercoreng dengan ulah pengawas desa dan Kecamatan Sukaraja ini. Bawaslu Seluma harus tegas, jangan masuk angin,\" terang Melyansori.

Puskaki akan terus memantau proses dugaan pelanggaran yang dilakukan pengawas desa dan kecamatan Sukaraja ini ujar Melyansori. Ini semata demi terselenggaranya Pemilu yang jujur dan adil (Jurdil) di Kabupaten Seluma.

\"Penyelenggara Pemilu itu harus netral, itu harga mati. Jadi kami Puskaki akan memantau proses dugaan pelanggaran ini. Kami minta Bawaslu Seluma tegas, memproses dugaan pelanggaran yang dilakukan pengawas Sukaraja ini,\" pungkasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: