Sumpah Pemuda, PWI, PMI, dan Diskominfo Seluma Donor Darah

Sumpah Pemuda, PWI, PMI, dan Diskominfo Seluma Donor Darah

\"\"TAIS, bengkuluekspress.com - Kegiatan donor darah dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Dinas Kominfo Kabupaten pada Selasa (27/10). Sedikitnya 31 kantong darah berhasil dikumpulkan.

\"Donor darah ini untuk yang kedua kalinya kita laksanakan. Kali ini dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda. Tentu kegiatan ini kami laksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan agar tak menjadi tempat penularan Covid-19,\" jelas Kadis Kominfo Kabupaten Seluma, H Hendarsyah SIP MT kepada wartawan.

Dijelaskan, donor darah dilaksanakan dalam rangka hari Sumpah Pemuda 2020. Belasan wartawan dari berbagai media massa yang tergabung dalam PWI, sejumlah pejabat, PNS dan staf di Pemkab Seluma berpartisipasi menyumbangkan darah. Seluruh peserta pendonor darah yang berpartisipasi terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran tensi darah, dan jika dinyatakan sehat maka akan langsung dilakukan pengambilan darah. Kemudian peserta akan langsung dilakukan pengambilan darah selama 15 ampai 20 menit, dan selanjutnya baru diberi makanan bergizi sebagai penambah energi.

\"Antusias pendonor cukup tinggi, hanya saja banyak calon peserta donor yang tensi darah rendah dan HB rendah, sehingga tidak bisa melakukan donor,\" jelasnya.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan untuk membantu ketersediaan darah di PMI, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Khususnya untuk jenis darah tertentu yang agak sulit didapat saat terdapat masyarakat membutuhkan darah.

\"Saya harapkan setelah ini kegiatan donor darah dapat terus dilaksanakan dengan rutin, sehingga kebutuhan darah di Seluma ini dapat tercukupi,\" jelas Ketua PWI Kabupaten Seluma, Erlin Marfiansya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: