APBD Bertambah Rp 134 Miliar

APBD Bertambah Rp 134 Miliar

\"bupatiTAIS, BE- Tahun 2013 ini, setelah H Bundra Jaya SH MH resmi menjadi bupati defenitif, Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Seluma bertambah. Pertambahannya sebesar Rp 134 miliar dari sebelumnya. Jika 2012 lalu APBD hanya sebesar Rp 497 miliar, tahun ini menjadi Rp 631,8 miliar. Peningkatan anggaran tersebut disampaikan Bundra dalam Nota Pengantar Keuangan RAPBD 2013 di hadapan anggota dewan di gedung DPRD, kemarin (22/2).

Dikatakan bupati Bundra, peningkatan anggaran tersebut terjadi karena kenaikan perkiraan penerimaan dari pendapatan daerah sebesar Rp 66 miliar lebih. Atau mengalami peningkatan sebesar Rp 13,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada pendapatan daerah. “Selain itu juga terdapat pembiayaan yang cukup signifikan dari perkiraan penerimaan dari Silpa yang diasumsikan sebesar Rp 90 miliar lebih,” paparnya dar atas podium gedung paripurna dewan itu.

Ditambahkannya lagi, peningkatan penerimaan dari pendapatan daerah terdiri dari kenaikan penerimaan dari komponen dana perimbangan sebesar Rp 55 miliar lebih, dari sebelumnya sebesar Rp 426 milliar lebih, dari tahun 2012 menjadi sebesar Rp 482 milliar lebih. Katanya, peningkatan penerimaan juga terjadi pada dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 59 miliar.

Namun pinta bupati yang baru dilantik itu, seluruh komponen yang mengelola anggaran termasuk SKPD, untuk dapat bekerja dengan baik. Sehingga dengan adanya peningkatan APBD itu dibarengi dengan peningkatan kinerja di seluruh SKPD. Supaya program yang sudah disusun sebelumnya bisa dilaksanakan dan diselesaikan dengan baik, serta mencapai sasaran kepada masyarakat.

“Kenaikan terbesar komponen dana perimbangan karena disebabkan terdapat kenaikan dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 47 miliar lebih. Diharapkan pada seluruh SKPD dan juga lainnya untuk dapat bekerja dengan baik dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: