Pemkab Seluma Cek Koordinat Batas Seluma dan BS

Pemkab Seluma Cek Koordinat Batas Seluma dan BS

TAIS, bengkuluekspress.com - Pemkab Seluma bersama dengan tim dari Provinsi Bengkulu, termasuk dari Korem 041 Gamas yang mewakili Tim Topografi Daerah (Topadam) II Sriwjaya, segera turun ke lapangan untuk menyelesaikan konflik tapal batas Seluma dan Bengkulu Selatan. Tim dijadwalkan akan turun ke lapangan pada 14-16 September ini. Kemudian dihadiri oleh Pemkab BS serta tim lainnya dari Pemprov Bengkulu.

Kabag Administrasi Pemkab Seluma, Dadang Kosasi, ST MT mengatakan, penelusuran dilakukan untuk memastikan dimana titik koordinat yang sebenarnya. Mengacu kepada Undang-Undang Nomor 03 tahun 2003 tentang pemekaran Kabupaten Seluma dan BS.

\"Kami segera turun untuk melakukan penelusuran batas wilayah Seluma dan BS. Penelusuran dilakukan untuk memastikan dimana letak batas kabupaten yang sebenarnya, antara Kabupaten Seluma dan BS. Nanti hasil penelusuran ini akan digunakan untuk pembuatan batas baku kabupaten,\" tegasnya.

Lebih lanjut, Dadang mengatakan bahwa nanti kades di 7 desa yang wilayahnya hilang juga akan diminta hadir untuk menyaksikan secara bersama-sama lokas tapal batas yang sebenarnya. Menurutnya, yang jelas Pemkab Seluma tetap berpedoman kepada Undang-Undang nomor 3 tahun 2003 tentang Pemekaran Kabupaten Seluma dan Kaur. Karena sudah ditetapkan di dalam undang-undang bahwa batas kabupaten adalah batas eks kewedanaan.

Yakni terletak di daerah SMK Selali Kecamatan Pino Raya dengan Desa Talang Alai Kecamatan Semidang Maras.

\"Yang sekarang menjadi polemik adalah Permendagri nomor 09 tahun 2020, sedangkan kedudukan Permendagri tentunya di bawah undang-undang yang disahkan. (jef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: