Pemkab Seluma Siapkan Benih Padi Gogo

Pemkab Seluma Siapkan Benih Padi Gogo

TAIS, bengkuluekspress.com - Pemkab Seluma melalui Dinas Pertanian Kabupaten Seluma saat ini juga sedang menyiapkan bantuan benih padi gogo. Bantuan benih ini diberikan untuk tanaman tumpang sari. Bagi masyarakat yang mengikuti program replanting sawit dari Pemerintah. Sehingga selama menunggu masa tanam sawit masyarakat bisa menanam padi.

\"Selama satu tahun, sawit belum besar dan belum tinggi. Jadi bisa dua kali penanaman padi darat. Dengan jenis Padi Gogo. Semua kebutuhan bibit diberikan disalurkan kepada semua petani. Sehingga petani tidak perlu melakukan pembelian sendiri. Karena bibit juga diberikan dari Kementrian Pertanian,\" tegas Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial, SP MSi kepada wartawan.

Dijelaskan, bahwa saat ini sudah ada yang terdaftar sebanyak 378 hektar lahan perkebuna sawit milik masyarakat yang akan mengikuti program replanting. Serta akan direalisasikan dalam waktu dekat. Nah, nantinya setelah sawit ditanam. Maka langsung ditanami tumpang sari padi dengan jenis padi Gogo atau padi darat. Sehingga petani sawit masih tetap bisa menghasilkan. Meskipun sawit mereka diremajakan.

Menurutnya, untuk program replanting yang sedang dilaksanakan. Pemerintah juga tetap memperhatikan ketahanan pangan. Dengan tetap memberikan bibit padi kepada masyarakat.

\"Karena ketahanan pangan juga salah satu yang penting untuk diperhatikan. Sehingga produksi beras tidak berkurang,\" tegasnya.

Dijelaskan, mengatakan bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini. Saat ini masih ada kuota. Karena Pemerintah menyiapkan kuota 1000 hektar. Sedangkan saat ini baru 378. Baik dari program replanting sawit. Maupun program pembagian bibit padi gogo atau padi darat. (jef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: