Kaur Mulai Kirim Benih Lobster

Kaur Mulai Kirim Benih Lobster

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Terhitung mulai pertengahan Agustus ini Kabupaten Kaur mulai melakukan pengiriman perdana benih Bayi Lobster (BL) ke luar daerah. Pengiriman perdana hasil tangkapan nelayan ini dilakukan oleh salah satu kelompok usaha bersama (KUB) di Kabupaten Kaur. Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perikanan Kaur Edward Happy S Sos melalui koordinator Penyuluh perikanan Udin Situmeang S Pi, kemarin (26/8).

Dikatakannya, dalam seminggu terakhir ini oleh KUB Bahari Kencana yang berada di Pelabuhan Pasar Lama Kecamatan Kaur Selatan sudah melakukan pengiriman perdana BL dengan jumlah 7.014 ekor yang saat ini sudah tiba di PT Sinar Alam Berkilau Jakarta.

“Ya sudah kita dilakukan pengiriman melalui KUB Bahari kencana prosesnya sudah berjalan,” kata Udin.

Dikatakannya, KUB ini memiliki armada atau nelayan dengan jumlah perahu terbanyak di pelabuhan pasar lama. KUB ini merupakan satu dari 8 usah ayangs udah mengantongi izin pengiriman BL keluar daerah oleh KKP. Pihaknya yakin kedepannnya bakal ada lagi pengiriman lobster nantinya keluar daerah hasil tangkapan nelayan di Kabupaten Kaur. Adapun jenis lobster yang berhasil ditangkap oleh nelayan yakni mulai dari jenis pasir, mutiara dan lobster karang.

“Harapan kita dengan dibukanya kran ekspor BL ini dapat menyejahterakan nelayan, nelayan lebih giat menangkap lobster termasuk ikan sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka,” harapnya.

Ditambahkannya, dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh pihaknya saat ini hampir seluruh pelabuhan sebagaian besar nelayannya mulai melakukan penangkapan lobster. Terdapat pula sejumlah penampung diberbagai pelabuhan yang saat ini mulai menyiapkan tempat penyimpanan dan akan melakukan pengiriman BL keluar Kabupaten Kaur. (irul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: