Pemkab Seluma Usulkan Formasi Guru

Pemkab Seluma Usulkan Formasi Guru

TAIS, bengkuluekspress.com - Pemda Seluma melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mendata saat ini Kabupaten Seluma kekurangan ratusan guru. Akibat kekurangan guru mata pelajaran ini, banyak guru yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Kemudian, juga banyak sekolah merekrut guru tenaga honorer yang dibayar menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

\"Untuk guru memang kita banyak kekurangan. Karena banyak guru yang pensiun. Sementara formasi CPNS ditentukan oleh pusat,\" kata Kepala BKPSDM Seluma, Ikhwan Effendy SSos kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, dari total 203 sekolah dasar (SD) negeri maupun swasta dan 57 Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih banyak guru yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Sehingga, hal ini tidak seharusnya terjadi. Sehingga, pemerintahan daerah akan berupaya mengusulkan untuk formasi CPNS dari guru ke kementerian PAN-RB.

\"Kita akan usulkan prioritas yang formasi guru. Karena tahun ini hampir 100 guru pensiun,\" ucapnya.

Dengan banyaknya guru pensiun kata dia, maka kekurangan guru akan semakin banyak. Sehingga, Pemda berupaya agar usulan formasi guru ke kementerian dapat diakomodir. \"Tetap yang menentukan pemerintah pusat. Kita daerah hanya mengusulkan kebutuhan saja,\" tandasnya. (jef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: