Harimau Masuk Pemukiman Warga

Harimau Masuk Pemukiman Warga

AIR PERIUKAN, BE- Sudah sejak seminggu terakhir warga Desa Talang Sebaris Seluma resah. Akibat ulah Harimau yang dikenal dengan istilah Setuo oleh warga didesa tersebut memasuki pemukiman mereka. Terbaru, kemarin pagi 2 ekor ayam warga berhasil disantap hewan besar berwarna belang tersebut. Warga semakin takut,  terkadang dimalam hari harimau itu acap mengeluarkan suara aumannya..

“Warga saya ada yang melihat dengan kepalanya sendiri jika ada harimau sedang melahap 2 ekor ayam,”terang Kepala Desa Talang Sebaris, Suroso Beber Kades, Suroso, sejak seminggu terakhir warganya sudah mulai waspada. Seluruh hewan ternak seperi Kambing dan Sapi setiap malam selalu dimasukkan ke dalam kandang. Hal ini dimaksudkan agar  hewa peliharaan itu tidak dimangsa oleh Harimau.

\'\'Namun kemarin pagi harimau muncul dan memangsa ayam milik Jono (35) salah seorang warga Desa Talang Sebari,\'\' katanya. Sebelumnya warga juga telah menemukan sejumlah tanda keberadaan harimau yang terlihat dari jejak kakinya di pekarangan kediaman warga.  Awalnya, hal itu belum membuat warga takut.

Namun seminggu terakhir warga selalu mendengar suara auman Harimau dari jarak dekat. Hal itu tentu membuat warga takut. Terlebih  warga mendapati Harimau telah memakan 2 ekor ayam kemarin. “Setelah memastikan suara harimau itu, kita langsung mengabakan pada warga untuk waspada dan berhati-hati,\'\' ujar Kades.

Menindak lanjuti kejadian ini, kemarin Kades telah mengabarkan kejadian itu ke BKSDA, untuk dengan segera memasang perangkap harimau di desanya itu. BKSDA Bengkulu pun langsung menanggapi dengan langsung memasang jerat berupa perangkap yang terbuat dari besi. Perangkap sendiri dipasang dibeberapa titik, seperti pemukiman warga serta hutan dekat dengan Desa Talang Sebaris.

Karena kemungkinan harimau tidak muncul di desa Talang Sebaris lagi namun muncul di lokasi yang lain. Selain itu, Kades mengharapkan warga untuk berjaga dan patroli bersama-sama di seluruh desa. Untuk menghindari timbulnya kembali hewan pelihraan yang dimangsa, terlebih korban jiwa.

“Saat ini masyarakat masih resah dan takut untuk beraktifitas baik itu siang maupun malam hari. SebabHarimau masih kerap berkunjung ke Desa Talang Sebaris,”ujarnya(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: