Warga Miskin Datangi Dishut

Warga Miskin Datangi Dishut

\"wargaKOTA MANNA, BE – Lantaran pada tahun 2012 lalu tidak mendapatkan pemasangan listrik gratis untuk warga miskin di BS, Sidaria (47), warga Jalan Pematang Bangai, Kota Manna yang seorang ibu rumah tangga yang kesehariannya bekerja sebagai tukang cuci mendatangi Dinas Kehutanan dan ESDM BS.

Dia mengharapkan rumahnya dimasukan sebagai salah satu rumah penerima pemasangan listrik gratis tahun 2013 ini.  \"Saya ini warga miskin pak, tapi tahun 2012 lalu tidak dapat (pemasangan listrik gratis), makanya saya datang ke kantor bapak untuk minta dimasukan sebagai penerima pemasangan listrik gratis,” katanya yang sebelumnya datang ke kantor Bupati BS tapi kemudian diarahkan datang ke Kantor Dishut dan ESDM selaku dinas yang membidangi.

Dia mengaku kalau keluarganya sangat miskin  yang bekerja serabutan. Namun oleh pengurus kelurahan keluarganya tidak mendapatkan jatah pemasangan listrik. \"Saya datang ini takut kalau tahun 2013 tidak lagi dimasukan sebagai warga penerima pemasangan listrik gratis,” ucapnya.

Sementara itu Kadishut dan ESDM, Ir Toni Gusnaidi melalui Kabid Ketenagalistrikan, Haryanto SH mengungkapkan kalau pihaknya menerima calon pemasangan listrik gratis yang disampaikan oleh pihak lurah atau kepala desa. Tetapi pihaknya juga dapat menerima calon penerima listrik gratis dengan warga datang langsung ke kantornya dengan syarat warga itu harus membawa surat keterangan miskin dari kepala desa atau lurah setempat.

Jadi dia mengharapkan Ibu Sudaria ini dapat menghubungi kantor lurahnya agar dapat didaftarkan menjadi penerima pemasangan listrik gratis. ”Memang kami bisa menerima calon secara perorangan akan tetapi sebaiknya secara kolektif lewat kades atau lurah, nanti calon itu akan disurvei apakah layak atau tidak,” ujarnya.

Lagi pula sambungnya untuk tahun 2013 ini pihaknya belum  mengehui secara pasti apakah BS akan kembali mendapat jatah pemasangan listrik gratis bagi warga miskin.Pasalnya hingga saat ini belum ada pemberitahuan resmi dari PLN Cabang Bengkulu terkait program tersebut. ”Untuk tahun 2013 ini saya belum tahu, tapi kami masih menunggu informasi dari PLN Cabang Bengkulu apakah BS dapat jatah kembali dan berapa banyak jatah warga penerima pemasangan listrik gratis,” terangnya.(369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: