Pemkab Minta Verifikasi CJH

Pemkab Minta Verifikasi CJH

\"ParaTAIS, BE- Kemenag Seluma diminta segera melakukan verifikasi calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Seluma yang akan diberangkatkan tahun 2013. Hal ini menyusul hasil rapat bersama yang dilakukan di Pemprov Bengkulu yang sudah disepakati agar CJH yang bukan penduduk Seluma harus dicoret, selanjutnya diganti dengan CJH asli Seluma.

“Veritifikasi harus segera dilakukan bagi yang telah masuk daftar berangkat. Kalau ada yang bukan penduduk Seluma, maka harus diganti,”kata Kabag Administrasi Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Seluma, Jahuti SAg.

Jika nantinya CJH yang tak bisa menyertakan sejumlah permintaan meliputi PBB, rekening listrik dan e-KTP, maka langsung di coret dari daftar tunggu. Selanjutnya akan diganti oleh CJH di bawahnya. Terburuknya adalah harus dibatalkan keberangkatannya. Menurutnya Jahuti, kini pihaknya menyakini terdapat banyak CJH eksodus yang berangkat dari Seluma. CJH akan diberangkatkan dari Embarkasi Fatmawati Bengkulu hanya berganti pesawat menuju ke Mekkah.

Tak lagi melalui Embarkasi Padang seperti sebelumnya yang sudah dilakukan untuk para CJH asal Provinsi Bengkulu. Disampaikannya, kuota CJH Seluma tetap 169 orang, di tambah dengan 2 orang kuota lansia. Sehingga totalnya sebanyak 171 orang. Tak ada penambahan jumlah kuota CJH untuk Kabupaten Seluma, meskipun sudah sering diusulkan penambahannya.

“Diduga Kemenag Seluma hanya meneriama bukti berupa KTP yang dikeluarkan oleh Dukcapil atas usulan kecamatan atas persetujuan desa. Sehingga Kemenag Seluma mengaku mereka tidak ada yang menolak pendaftar yang mendaftarkan ke Kemenag Seluma,”terangnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: