Partisipasi Pemilih Pilkades Capai 90%

Partisipasi Pemilih Pilkades Capai 90%

CURUP, Bengkulu Ekspress- Partisipasi Pemilih dalam Pilkades serentak tahap III di Kabupaten Rejang Lebong Kamis (20/2) kemarin terbilang tinggi.

Dimana berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong partisipasi pemilih dalam Pilkades kemarin mencapai 90 persen.\"Alhamdulillah partisipasi pemilih dalam Pilkades serentak tahap III hari ini mencapai 90 persen,\" sampai Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong, Desma Heryana SKM Kamis kemarin.

Menurut Desma, partisipasi 90 persen tersebut adalah partisipasi rata-rata di 56 desa yang melaksanakan Pilkades, sedangkan untuk tingkat desa sendiri menurutnya ada beberapa desa yang partisipasinya mencapai 100 persen.

Tingginya partisipasi pemilih dalam Pilkades serentak di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurutnya tidak lepas dari mulai meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak suara mereka dalam Pilkades, sehingga masyaraakat ramai-ramai mendatangi TPS Pilkades.

\"Secara keseluruhan pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan lancar, terkait dengan surat suara tidak ada masalah meskipun ada satu atau dua lembar yang rusak, namun ada surat suara cadangan,\" paparnya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas PMD Rejang Lebong, Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi usai melakukan pemantauan di Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Sindang Beliti Ulu, ia juga mengungkapkan partisipasi Pemilih dalam Pilkades kemarin cukup tinggi yaitu mencapai 90 persen.

\"Dari pantauan yang saya lakukan langsung melalui grub WA, partisipasi Pemilih hari ini tinggi yaitu mencapai 90 persen,\" terang Hijazi.

Dengan tingginya partisipasi pemilih tersebut, menurut Hijazi hal tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat Rejang Lebong untuk memilih kepala desa mereka masih terjaga.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga berharap pelaksanaan Pilkades tahap II di Kabupaten Rejang Lebong tersebut bisa berjalan dengan sukses.

Menurut bupati, suksesnya pelaksanaan Pilkades kemarin bulan dilihat dari siapa yang terpilih, namun lebih dari kondusifnya desa pasca Pilkades atau menurut bupati tidak ada gejolak didesa setelah pelaksanaan Pilkades.\"Dalam Pilkades kita bermain politik, bukan lawan politik, namanya permainan ada yang menang dan ada yang kalah,\" terang bupati.

Kemudian dalam menjaga kekondusifan pasca dilaksanakannya Pilkades tersebut, bupati berpesan kepada Kades terpilih untuk tidak merayakan kemenangan secara berlebihan, begitu dengan juga dengan yang kalah untuk bisa legowo menerima hasil dari Pilkades itu sendiri.

Dalam pelaksanaan Pilkades yang dilaksanakan di 56 desa dalam 14 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, para unsur FKPD dan OPD dibagi tugas untuk mengawasi setiap kecamatan.Untuk Bupati Rejang Lebong sendiri mengawasi di Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Sindang Beliti Ulu.

Dalam pengawasan kemarin, Bupati Rejang Lebong mendatangi satu persatu TPS didua kecamatan yang menjadi daerah pengawasannya yaitu mulai dari TPS Air Apo, TPS Kasie Kasubun, TPS Belumai I, TPS Taba Padang, TPS Tanjung Heran, TPS Tanjung Agung dan TPS Air Nau. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: