Festival Mbuk Dien Sukses

Festival Mbuk Dien Sukses

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Festival Mbuk Dien atau makan durian gratis “Lebong Ken_Durian Festival” di Kabupaten Lebong sukses.

Sebanyak 2 ribu buah yang disiapkan panita secara sekejap ludes diserbu ribuan pengunjung lokal maupun dari luar daerah. Selain makan durian gratis yang langsung di bawah pohon durian, panitia juga mengelar kontes buah durian.

Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIp MSi yang membuka festival makan durian mengakatakan, bahwa selama ini pihaknya terus berupaya untuk menjadikan Lebong sebagai daerah tujuan wisata.“Salah satunya potensi yang dimiliki Lebong adalah buah durian dan kita ingin perkenalkan durian yang dimiliki Lebong,” jelasnya, minggu (16/02).

Menurut Bupati, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk itulah, potensi wisata yang dimiliki Lebong terus ditingkatkan.

Dimana selama ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Lebong masih bergantung dengan pertanian“Namun kita akan tambah dengan sektor pariwisata yang memang potensi dimiliki Lebong,” sampainya.

Untuk itulah, sambungnya, dalam mendukung pariwisata dengan mempersiapkan sarana dan prasarana objek wisata serta melakukan pelebaran jalan.“Bahkan menggali potensi wisata yang dapat menarik wisatawan datang ke Kabupaten Lebong, seperti yang dilakukan kal iini yaitu festival durian,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahrag (Disparpora) Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan MSi mengatakan, bahwa festival makan durian ini merupakan festival yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Lebong. Namun terlihat antusias pengunjung sangat banyak.

“Jadi ini salah satu potensi untuk menarik wisatawan, untuk itulah dalam festival tahun-tahun selanjutnya kita akan menggelar festival bertaraf nasional,” ujarnya

Festival tersebut dilaksankan di Desa Lemeu Kecamatan Uram Jaya. Dimana diketahui bersama bahwa kawasan tersbeut merupakan salah satu sentral terbesar penghasil buah durian yang ada di Kabupaten Lebong.“Untuk itulah kita mengadakan di Desa Lemeu,” sampainya.

Ditambahkan Eddy, untuk konsep festival makan durian memang sengaja dilakukan di bawah pohon durian langsung.

Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk merangsang atau memancing masyarakat Lebong membuat agrowisata buah durian.“Karena buah durian memiliki nilai ekonomi tersendiri, yang mana pencita durian saat ini masih sangat banyak,” tutupnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung dari Kota Bengkulu, Septi mengatakan, dirinya sengaja datang ke Kabupaten Lebong untuk ikut serta memeriahkan festival yang dilaksanakan oleh Pemkab Lebong untuk makan buah durian secara gratis.

“Festival ini sangat menarik, untuk itulah saya mengajak keluarga untuk ikut,” singkat Septi.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: