Seluruh Desa Buat Website

Seluruh Desa Buat Website

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Wujudkan sebagai Kecamatan percontohan, seluruh Desa (9 Desa) yang berada di Kecamatan Amen Kabupaten Lebong, bersepakat akan membuat website dan Desa Sungai Grong akan dijadikan sebagai Pilot Project sebagai Desa Digital di tahun 2020.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya mendukung atau ikut dalam era digital saat ini. Rencana sendiri disampaikan ketika digelarnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Amen, di kanir camat Amen kamis (13/02).

Setidaknya dalam pelaksanaan Musrembang Kecamatan Amen kemarin, ada sebanyak 70 usulan yang terdiri 36 usulan di Bidang Infrastruktur dan kewilayahan, 18 usulan dibidang Perekonomi dan dan Sumbar Daya Alam SDA) serta 16 usulan dibidang Pemerintahan dan Pembagunan Manusia.

Camat Amen, A Ropik SSos menyampaikan bahwa untuk seluruh Desa yang ada di wilayahnya memang telah bersepakat diprioritaskan program di tahun 2020 ini yaitu semuanya akan membuat website resmi Desa.

“Telah ditunjuk 1 Desa yaitu Desa Sungai Grong sebagai Desa percontohan,” jelasnya, kamis(13/02).

Dengan demikian, nantinya Desa yang ada di Kecamatan Amen akan dapat mendukung pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong untuk menuju daerah digital yang selama ini telah dicanangkan Bupati Lebong H Rosjonsyah Sip MSi. “Dengan adanya website di masing-masing desa, maka akan dapat membantu desa sendiri dari berbagai macam pengurusan,” sampainya.

Ditambahkan Ropik, selain adanya kesepakan juga dalam Musembang masing-masing Desa telah menyampaikan usulan perencanaan baik masalah infrastruktur, ekonomi, budaya, SDM serta yang lainnya dan itu telah disampaikan ke masing-masing Organisasi Perangkat daerah (OPD) yang membidanginya.

“Tindak lanjutnya saya minta kepada masing-masing Desa maksimal 10 hari kedepan seluruh desa telah menyampaikan proposal kepada saya,” pintanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Drs Robert Rio Mantovani, mengatakan bahwa untuk semua usulan dari masing-masing Desa di Kecamatan Amen telah mereka dengarkan dan memang untuk usulan masih masalah Insfrastruktur. “Ada sebanyak 70 usulan dari Kecamatan Amen,” ucapnya

Dari usulan yang telah disampaikan nantinya akan dirapatkan kembali dengan masing-masing OPD dan kemudian akan disampaikan ketika digelar Musrembang Kabupaten. Dimana nantinya akan dilihat mana usulan yang menjadi prioritas Kabupaten dan mana prioritas Provinsi. “Juga dilihat mana usulan yang bisa dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat,” tutupnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: