Gagal Raih SAKIP B

Gagal Raih SAKIP B

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Meskipun sebelumnya Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi SE MM, menargetkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) B. Sebab, pada 2018, nilai SAKIP BS hanya C. Namun upaya yang dilakukan pemda BS tahun kemarin belum berhasil BS masih gagal meraih nilai SAKIP B. Sebab nilai SAKIP yang diperoleh BS belum berajak dari C.

“Penilaian SAKIP dari pemerintah pusat sudah kami terima nilainya masih C,” kata Wakil Bupati BS H Rifai Tajuddin SSos.

Rifai menjelaskan, Bupati BS sudah berupaya maksimal untuk menigkatkan nilai SAKIP. Mulai dari rapat kerja bersama hingga mengajak semua pejabat BS, melakukan bimbingan teknis tentang SAKIP di Jakarta.Namun harapan nilai SAKIP naik ke B belumjuga berhasil.

“Kita sudah berusaha, namun kegagalan ini dapat menjadi bahan evaluasi agar nilai SAKIP tahun depan bisa naik ke B,” ujarnya.

Ditambahkan Rifai, untuk meningkatkan nilai SAKIP ada 5 indikator yang harus ditingkatkan. Yakni, perencanaan kerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal capaian kinerja. Hanya saja, selama ini upaya peningkatan kinerja BS belum maksimal, terbukti, nilai SAKIP belum berubah.

Untuk peningkatan nilai SAKIP tersebut, Rifai mengimbau semua OPD dapat mau bekerja keras dan maksimal, sehngga kinerja mampu meningkat. Untuk itu,ke depan tim perlu dibangun untuk melakulan koreksi dan evaluasi. Sehingga terus melakukan pembenahan.“Jika tahun depan nilai SAKIP kita tetap C, bukti kita tidak serius bekerja,” tutup Rifai. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: