Angka Pengangguran Capai 34.439

Angka Pengangguran Capai 34.439

\"\"BENGKULU, Bengkulu Ekspresss- Tercatat ada 34.439 pengangguran tersebar di 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Hal tersebut membuktikan bahwa jumlah lapangan kerja di Bengkulu belum mampu menyelesaikan permasalahan pengguran di Bumi Rafflesia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu, Ir Sudoto mengatakan berdasarkan data yang terhimpun dari kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, ada sebanyak 34.439 orang usia kerja yang belum memiliki pekerjaan.

Hal ini membuktikan bahwa pengangguran di Bengkulu masih cukup banyak.\"Kita melihat data ada 34 ribu pengangguran di Bengkulu, tentu ini menjadi catatan kami,\" kata Sudoto, senin (10/2).

Dikatakannya bahwa dari jumlah pengangguran tersebut, kebanyakan didominasi oleh laki-laki mencapai 84,12 persen. Sedangkan untuk wanita jumlahnya jauh lebih sedikit yakni hanya 55,17 persen.

\"Jumlah pengangguran di Bengkulu, masih didominasi oleh laki-laki sementara perempuan dibawahnya sedikit,\" tuturnya.

Ia mengatakan bahwa beberapa program sendiri terus diupayakan oleh Disnakertrans untuk mengusahakan penekanan jumlah pengangguran di Provinsi Bengkulu.

Diantaranya dengan mengadakan prlatihan kewirausahaan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) termasuk juga yang baru-baru ini melalui program magang ke Jepang.\"Selain pelatihan SDM kita juga sebelumnya telah memberikan bantuan teknologi tepat guna untuk membantu masyarakat dalam memberdayakan usahanya,\" katanya.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa, kedepan pihaknya juga akan melakukan peninjauan ke Kabupaten Kota, sebagai bahhan untuk menentukan prioritas pemberian bantuan

Hal ini agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan pemberian bantuan.\"Untuk tahun kemarin itu kita berikan bantuan ke Seluma dan Muko-muko untuk pengelolaan cangkang sawit, untuk tahun ini kita tunggu dulu hasil pengkajian dan evaluasi,\" tutupnya. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: