2000 Durian Disiapkan untuk Festival Durian

2000 Durian Disiapkan untuk Festival Durian

LEBONG, Bengkuku Ekspress – Gelar festival durian “Lebong Ken_Durian Festival”, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong siapkan 2000 buah durian yang dimakan secara serentak dan gratis. Festival sendiri akan dilaksankan di Desa Lemeu Kecamatan Uram Jaya, Minggu (16/02).

Festival Durian merupakan kegiatan pembuka dari 16 Festival yang akan digelar Pemkab Lebong sepanjang tahun 2020 ini. Dimana 7 diantaranya merupakan festival baru yang digelar di tahun 2020 ini salah satunya festival durian, Ramadhan Festival, Lebong road race, Lebong drum Band, Lebong Dragond Boad, fotografer hingga Lebong Merah Putih.

Digelarnya festival durian di Desa Lemau dikarenakan salah satu daerah penghasil durian di Kabupaten Lebong, adalah Desa Lemau itu sendiri. Terlihat hampir disepanjang pinggir jalan desa, ada pohon durian yang memang sengaja ditanam para masyarakat dahulu.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan MSi mengatakan bahwa gigelarnya festival durian merupakans alah satu wujud memperkenalkan Kabupaten Lebong yang merupakan daerah penghasil durian yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Untuk festival sendiri setidaknya akan kita siapkan 1.500 hingga 2.000 buah durian,” jelasnya, kamis (06/02).

Ditambahkan Eddy, selain menyediakan ribuan durian untuk dimakan secara gratis, nantinya festival juga akan diisi dengan berbagai kegiatan atau perlombaan lainnya yang berkaitan dengan durian seperti kontes durian (mulai dari ukuran terbesar, terkecil dan unik), hingga sentra penjual buah-buahan yang ada di Lebong.

“Termasuk ketika pengunjung telah puas memakan durian, mereka bisa membawa durian untuk dibawa ke rumah sebagai olah-oleh,” ujarnya

Dalam festival ini, ditargetkan akan mampu manarik pengunjung sebanyak 3.000 hingga 5.000 orang baik pengunjung dari Kabupaten Lebong, maupun wisatawan dari Kabupaten tetangga maupun provinsi tetangga yang sebelumnya telah memastikan akan ikut serta meramaikan festival yang memang jarang dilaksankan.“Kita yakin akan mampu manarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Lebong,” tuturnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: