3 Puskesmas Hadapi Reakreditasi

3 Puskesmas Hadapi Reakreditasi

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 3 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dari total 13 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lebong, pada tahun ini kembali akan mengikuti reakreditasi untuk memastikan apakah mengalami kenaikan akreditasi atau tetap.

Adapun 3 Puskesmas yang akan mengikuti reakreditasi yang sebelumnya telah mengikuti akreditasi di tahun 2017 yang lalu yaitu Puskesmas Sukaraja Kecamatan Amen dan Topos Kecamatan Topos yang terakreditasi Madya serta Puskesmas Lemeu Pit Kecamatan Lebong Sakti yang terakreditasi dasar.

Dimana sebelumnya, dari total 13 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lebong, sejak tahun 2019 yang lalu semuanya telah terakreditasi masing-masing 6 terakreditasi dasar, 6 terakreditasi Madya dan 1 Puskesmas terakreditasi Utama.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lebong, Rachman SKM MSi, mengatakan bahwa reakreditasi sendiri merupakan suatu keharusan yang harus diikuti oleh setiap Puskesmas setiap 3 tahun untuk menentukan jenjang dari akreditasi Puskesmas.

“Bukan karena adanya masalah sehingga dilakukan reakreditasi, namun itu untuk menentukan jenjang Puskesmas itu sendiri,” jelasnya, kemarin (5/2).

Untuk menentukan ke 3 Puskesmas akan naik atau tetap akreditasinya, nantinya tim dari Komisi Akreditasi Fasiliytas Kesehatan Tingkat Pratama (KAFKTP) akan kembali turun dengan melakukan tes dan pemeriksaan secara langsung terhdap sarana dan prasarana, mulai dari pelayanan, perlengkapan hingga administrasi. “Karena hal-hal seperti itu yang nantinya menentukan apakah akreditasi Puskesmas akan naik atau tidak,” sampainya.

Untuk pelaksanaan reakreditasi oleh tim KAFKTP, kemungkinan besar dijadwalkan dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November.

Namun, meskipun waktunya masih cukup lama, saat ini pihaknya bersama ke 3 Puskesmas yang akan mengikuti reakreditasi, sudah mulai melakukan persiapan.“Persiapan demi persiapan sudah kita mulai, sehingga nantinya kita telah siap mengikuti ketika tim melakukan penilaian,” ucapnya.

Selain itu, telah dimulainya persiapan merupakan salah satu upaya agar nantinya ke 3 Puskesmas yang akan mengikuti reakreditasi, bisa terakreditasi minimal 1 tingkat lebih tinggi dari akreditasi sebelumnya. Ada yang dari dasar menjadi Madya dan Madya menjadi Utama.

“Namun jika bisa, kita berharap ke 3 Puskesmas bisa terakreditasi paripurna atau akreditasi teratas,” harapnya. Terakreditasinya suatu Puskesmas, menunjukan bahwa Puskesmas tersebut telah memiliki sarana dan prasarana yang baik. Sehingga pelayanan kepada masyarakat akan bisa dilakukan secara maksimal.“Untuk itulah kita terus berusaha agar semua Puskesmas terakreditasi,” ujarnya. (614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: