Kredit DSP Terus Tumbuh

Kredit DSP Terus Tumbuh

\"ClusterBENGKULU,BE- Penyaluran kredit usaha kecil menengah (UKM) yang dilakukan Bank Danamon Simpan Pinjam (DSP) setiap tahunnya mengalami pertumbuhan. Hal ini terlihat dari jumlah nasabahnya yang saat ini sudah mencapai 7 ribu nasabah. \"Setiap tahun kita terus mengalami pertumbuhan sejak awal bank ini didirikan,\" ungkap Cluster Manager Bank Danamon Simpan Pinjam Self Emplaye Mess Market Cluster Bengkulu, Abdurrahim.

Menurutnya dalam satu tahunnya rata-rata pertumbuhan kredit sebesar 8 persen. Pertumbuhan ini dikarenakan DSP tidak mempersulit nasabah untuk mengajukan pinjaman. Dalam pengajuan dana, nasabah tidak dituntut untuk menyediakan seperti SIUP dan laporan keuangan, namun DSP hanya meminta Surat keterangan usaha dari kelurahan saja dan jaminan untuk pinjaman dengan nominal tertentu. \"Kalau kita bisa membantu mereka (UKM) kenapa harus dipersulit,\" jelasnya.

Selain itu DSP juga membantu nasabahnya dengan jemput setoran. Sehingga para nasabah tidak perlu repot menyetor langsung ke kantor DSP terdekat. Saat ini di Provinsi Bengkulu sudah ada 18 kantor DSP yang tersebar diseluruh kabupaten dan kota. Dalam melakukan setoran nasabah bisa memilih sistem yang akan digunakan karena DSP memberikan beberapa alternatif setoran yaitu harian mingguan dan bulanan.

\"Untuk mengantisipasi terjadinya penunggakan dan mempermudah nasabah dalam menyetor tabungan kita akan melakukan jemput bola,\" ujar Ibrahim.

Selain untuk UKM, DSP juga memberikan pinjaman kepada ARI yaitu petani kelapa sawit dan karet. Besar pinjaman yang diberikan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 500 juta. Dengan jangka waktu pengembalian hingga 5 tahun.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: