Benteng Anna Terjun ke Sungai

Benteng Anna Terjun ke Sungai

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Bangunan Benteng Anna, yang berlokasi di Kelurahan Koto Jaya tepatnya di pinggir Sungai Selagan, satu bangunan terjun dan tenggelam.Ini diduga disebabkan erosi sungai yang terus melanda.

“Bangunan Benteng Anna ini masuk ke sungai, saya ketahui kemarin,” ujar Haryadi warga setempat.

Menurutnya sebanyak tiga tiang bangunan benteng peninggalan Inggris itu, yang terjun ke sungai satu bangunan. Tinggal dua bangunan lagi, yang diprediksi bakal ikut terjun. Sementara itu, Juru Pelihara Benteng Anna, Ensi Wati menyampaikan, pihaknya telah melaporkan peristiwa salah satu dari tiga bangunan cagar budaya benteng Anna peninggalan Inggris itu masuk ke sungai kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi.

Selain itu, pihaknya juga telah melaporkan kejadian bangunan benteng Anna itu kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko dan camat setempat. Ia mengatakan, saat ini masih ada satu dari dua tiang bangunan yang juga terancam masuk ke sungai.

“Jikalau tidak cepat ditangani, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat satu tiang bangunan itu juga akan masuk ke sungai,” bebernya. Ia juga mengatakan, erosi Sungai Selagan di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko membuat daratan termasuk lokasi benteng Anna peninggalan Inggris di wilayah ini berkurang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, H Ruslan MPd melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Rasita SPd mengaku telah mengecek lokasi. Dan telah dilaporkan ke balai pelestarian cagar budaya, Jambi. “Benteng Anna itu adalah pengawasan balai yang berada di Jambi. Harapan kami , sesegera mungkin dilakukan antisipasi. Termasuk dua bangunan lagi di pinggir sungai tersebut juga bakal terjun ke sungai,” ungkapnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: