Proyek Jalan Rp 4 Miliar Kembali Amblas

Proyek Jalan Rp 4 Miliar Kembali Amblas

TAIS, bengkuluekspress.com - Untuk kedua kalinya, pekerjaan proyek jalan hotmik di komplek rumah dinas Bupati Seluma di kawasan Ampar Gading amblas. Akibat amblasnya proyek jalan senilai Rp 4 miliar tahun 2019 lalu mengalami kerusakan dan tidak bisa dilalui.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seluma, M Syaipullah ST mengatakan, pada kejadian yang pertama, karena masih dalam masa pemeliharaan. Sehingga pihaknya sudah meminta pihak ketiga selaku rekanan untuk memperbaikinya.

\"Saat amblas yang pertama, kontraktor sudah kami panggil, kami minta untuk segera memperbaiki. Kemudian diperbaiki dan ditimbun,\" tegasnya.

Menurutnya, untuk kejadian yang kedua ini, Dinas PUPR sudah memeriksa bersama dengan tim teknis. Termasuk bersama dengan Bupati Seluma serta TP4D yang terdiri dari unsur kejaksaan. Hasilnya kejadian kedua memang murni karena bencana alam, lantaran kontur tanah yang memang mudah longsor dan amblas.

\"Setelah kami periksa, memang kontur tanahnya. Karena berada di tepi jurang, sehingga mudah longsor,\" ujarnya. Ia menjelaskan, Dinas PUPR saat ini merancang akan membangun jembatan. Karena memang kondisi jalan tersebut sangat parah, sehingga untuk kedepan memang perlu dilakukan perbaikan.

Jalan tersebut sudah tidak memungkinkan dipasang bronjong, namun untuk saluran air juga tidak bisa menggunakan gorong-gorong lagi. \"Ini harus dilakukan pengkajian dulu, saya rasa memang tidak bisa dipasang bronjong lagi. Salah satu alternatif, kita harus pasang jembatan, sehingga air bisa mengalir lebih cepat,\" pungkas Syaipullah.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: