Re Akreditasi Puskesmas Digelar Akhir Tahun

Re Akreditasi Puskesmas Digelar Akhir Tahun

KEPAHIANG, bengkuluekspress,com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang memprediksikan pelaksanaan re akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) diselenggarakan akhir tahun ini. Karena ada beberapa Puskesmas yang mendapatkan bantuan penambahan ruang inap yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

\"Yang jelas untuk re akreditasi itu, setelah selesai pembangunan dan mungkin di akhir tahun,\" ujar Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang, Tajri Fauzan SKm MKm.

Dikatakan Tajri, bahwa alasan diundurnya re akreditasi tersebut karena gedung Puskesmas menjadi salah satu indikator penilaian dalam re akreditasi tersebut. \"Seharusnya di bulan April, tetapi pekerjaan pembangunan itu baru dimulai sekitar bulan Mei, makanya kita tunggu hingga pembangunan selesai baru dilaksanakan re akreditasi karena gedung ini menjadi salah satu indikator penilaian, \" ungkap Tajri.

Ditambahkan Tajri, bahwa saat ini pihaknya telah mulai melakukan pendampingan ke setiap Puskesmas yang akan mengikuti re akreditasi. Baik dari sisi pelaksanaan program maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM). \"Kita sudah mulai lakukan pendampingan, terutama terkait indikator penilaian dengan harapan Puskesmas yang mengikuti re akreditasi tahun ini dapat meningkatkan akreditasinya,\" sampai Tajri.

Sementara Kepala Puskesmas Tebat Karai, Yuniarti SKm mengatakan, walaupun di tahun ini pihaknya belum mendapatkan bantuan pembangunan, pihaknya optimis dapat meraih akreditasi paripurna. \"Ya, kita tetap optimis bisa mencapai paripurna dengan memaksimalkan indikator penilaian, seperti memberikan pelayanan prima sesuai SOP terus melengkapi administrasi dokumen serta menjalankan program secara maksimal, \" pungkas Yuniarti. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: