Satpam Harus Profesional Maksimalkan Pengamanan

Satpam Harus Profesional Maksimalkan Pengamanan

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Supratman menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-39, di halaman Mapolres Bengkulu, Rabu (22/1) pagi. Berkaitan dengan HUT Satpam tersebut, Kapolda mengatakan, meski jumlah Satpam di Provinsi Bengkulu masih kurang, tetapi kinerja Satpam harus semakin bagus dan profesional sehingga maksimal dalam melaksanakan pengamanan di perusahaan atau BUMN tempat masing-masing Satpam bekerja.

\"Saya melihat diumurnya yang sudah 39 tahun, Satpam di Bengkulu sudah semakin bagus dan profesional. Yang harus digaris bawahi meski jumlahnya kurang, tetapi kinerja harus tetap profesional,\" jelas Kapolda.

Kapolda menyarankan, agar seluruh Satpam di Bengkulu, tetap menjaga keterampilan dan kebugaran. Kegiatan latihan keterampulan harus harus rutin dilakukan, sebulan sekali atau dua bulan sekali. Satpam Penting menjaga fisik, karena berkatian dengan kesiapan dan keterampilan bekerja. Mengingat tugas dan tanggung jawab Satpam menjaga lingkungan perusahaan cukup vital.

Bahkan Kapolda mengatakan, Satpam bisa saja menindak pelaku 3C jika kepolisian belum sampai lokasi. \"Sebenarnya bisa dan sanggup menindak pelaku 3C. Untuk itu Satpam harus tetap koordinasi dengan kepolisian. Terutama yang melakukan pengamanan di objek vital,\" imbuh Kapolda.

Priono, Ketua Panitia HUT Satpam mengatakan, setidaknya ada ratusan Satpam yang bertugas di sejumlah perusahaan dan BUMN di Provinsi Bengkulu. Jumlah Badan Jasa Pengamanan di Bengkulu sekitar 38 lembaga. Jumlah tersebut belum ditambah dari Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan. Kedepan, Priono berharap agar partisipasi dan pengguna jasa lebih aktif memberikan masukan dan motifasi terhadap satpam.

\"Hal tersebut dilakukan agar Satpam lebih profesional, karena Satpam bukan sekedar buruh, tetai profesi yang lebih profesional menangani kasus di lingkungan kerjanya,\" jelas Priono.

Terkait latihan kemampuan Satpam, Priono mengaku Satpam di Kota Bengkulu, biasanya melakukan latihan pemeliharaan kemampuan sebulan sekali di Polres Bengkulu dan dua bulan sekali di Polda Bengkulu. Pelatihan tersebut dilakukan langsung oleh Dit Binmas. \"Untuk memelihara kemampuan kita ada latihan satu bulan sekali di Polres dan dua bulan sekali di Polda,\" pungkasnya.

Upacara tersebut diikuti sekitar 120 orang Satpam, yang bekerja di perusahaan dan BUMN di Kota Bengkulu. Bukan hanya upacara, mereka juga menunjukkan atraksi menggunakan tongkat dan menggunakan borgol. Serta kemampuan karate dan atraksi dol. (167)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: