Taman Wisata Bonsai Pantai Panjang, Destinasi Wisata Baru di Bengkulu

Taman Wisata Bonsai Pantai Panjang, Destinasi Wisata Baru di Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Guna menarik wisatawan mengunjungi kawasan wisata Pantai Panjang, berbagai upaya dilakukan oleh Pemkot Bengkulu dan Dinas Pariwisata Kota. Kali ini, bekerjasama dengan Komunitas Pencinta Bonsai, Pemkot membangun Taman Wisata Bonsai Bengkulu.

Yulian (46), salah seorang pengelola Taman Wisata Bonsai mengungkapkan, sejak Desember 2019 lalu, dia dan beberapa rekannya mulai menata lokasi di dekat Taman Berkas, yang dahulunya semak belukar diubah menjadi taman bonsai. Sejauh ini pengerjaan taman bonsai itu sudah 60 persen dan diperkirakan awal Februari nanti sudah bisa dibuka untuk umum.

\"Taman Wisata Bonsai Bengkulu ini awal Febuari sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun yang berasal dari luar Kota Bengkulu,\" ujar Yulian, saat ditemui BE, Rabu (15/01).

Yulian mengaku, awalnya tanaman bonsai ini didatangkan dari Jawa. Namun saat ini sudah dia diolah sendiri. Bonsai yang ditanam berbagai jenis dari yang ukuran kecil, sedang, hingga besar. Bonsai yang ditanam diberi kawat kecil di rantingnya agar tumbuh sesuai yang diinginkan.

Selain tanaman bonsai, taman wisata ini juga bakal diramaikan oleh berbagai jenis bunga, seperti bunga hydrangca atau sering dikenal dengan si bunga pecah seribu, bunga jengger ayam dan jenis bunga lainnya.

Tidak hanya itu, taman ini juga akan menghadirkan 10 tempat foto yang akan dibuat dengan memanfaatkan kayu-kayu mati, akar pohon dan juga ranting yang ada di sekitaran Pantai Panjang. Luas lahan yang akan dibangun menjadi taman bonsai ini sekitar 500 meter dan akan ditanami 500 sampai 1000 tanaman bonsai.

Selain itu, taman bonsai ini akan dilengkapi fasilitas seperti musala, toilet, tempat duduk dan juga lampu-lampu hias.

Rencana awal taman ini dibangun oleh Pemkot, untuk meramaikan Pusat Kuliner Pantai Panjang yang dimiliki oleh Pemda, sehingga pengunjung tidak hanya menikmati kuliner saja, tetapi juga bisa berselfi ria di Taman Wisata Bonsai. \"Memang taman ini dibangun agar pusat kuliner Pantai Panjang dapat lebih ramai dikunjungi,\" ujar Yulian.

Riki (22), salah seorang pengunjung Pantai Panjang mengaku senang dengan dibangunnya Taman Wisata Bonsai ini. Menurutnya, hal itu bakal membuat Pantai Panjang semakin diminati wisatawan untuk dikunjungi. \"Semoga dengan adanya taman ini, Pantai Panjang akan lebih terkenal baik di luar kota maupun mancanegara,\" harap Riki.(Mg13)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: