Harga Jagung Manis Anjlok

Harga Jagung Manis Anjlok

CURUP, bengkulueksppress.com - Harga komoditas jagung manis di Kabupaten Rejang Lebong menjelang malam pergantian tahun justru mengalami penurunan. Dimana hingga kemarin harga jagung ditingkat pengepul hanya sebesar Rp 2.500 per Kg. Menurut Suwarno (42) karyawan gudang sayur pak Kardi di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang harga tersebut tidak seperti biasanya. Karena menurutnya biasanya menjelang pergantian tahun harga jagung bisa melonjak hingga Rp 5 ribu per Kg.

\"Tahun ini harga jagung turun, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang mencapai Rp 5 ribu per Kg setiap menjelang malam pergantian tahun, tapi sekarang hanya Rp 2.500 per Kg,\" terang Suwarno saat dikonfirmasi Senin (30/12) kemarin.

Suwarno belum bisa memastikan penyebab dari anjloknya harga jagung manis di Kabupaten Rejang Lebong tersebut. Karena menurutnya dari segi permintaan, menjelang malam pergantian tahun permintaan jagung manis dari Kabupaten Rejang Lebong meningkat.

Dimana menurut Suwarno, dalam seharinya dari gudang sayur tempatnya bekerja bisa mengirim jagung hingga 40 ton dalam satu hari, dimana jagung-jagung tersebut dikirim ke sejumlah kota di Pulau Sumatera mulai dari Kota Bengkulu hingga ke Jambi dan Palembang. \"Hingga hari ini (kemarin), jumlah jagung yang kita kirim baik ke Bengkulu, Pelembang maupun Jambi sudah mencapai 130 ton,\" akunya.

Turunnya harga jagung saat menjelang pergantian tahun tersebut, menurut Suwarno kemungkinan besar dikarenakan pasokan jagung yang melimpah karena banyak petani yang menanam jagung dengan target panen menjelang akhir tahun. Karena menurutnya dari gudang tempatnya bekerja saja bisa mengirim sebanyak 130 ton, sedangkan gudang yang sayur di Kabupaten Rejang Lebong sendiri jumlahnya mencapai puluhan. \"Selain pasokan jagung dari Rejang Lebong yang melimpah, kami dapat informasi juga didaerah lain seperti Lampung juga banyak panen, sehingga kita bersain dan harganya turun,\" paparnya.

Disisi lain, ia mengungkapkan Senin kemarin merupakan hari terakhir pengiriman jagung manis ke luar daerah, karena menurutnya hari ini gudang-gudang sayur sudah libur mengirim terutama jagung, mengingat sebagian besar jagung akan digunakan masyarakat untuk kegiatan menyambut malam pergantian tahun nanti malam. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: