Tingkatkan Skill dan Kreativitas

Tingkatkan Skill dan Kreativitas

 IAIN Bengkulu Gelar Pameran Hasil Fotografi Mahasiwa

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Demi meningkatkan skill dan kreativitas bagi mahasiswa, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menggelar dan menampilkan lebih dari 60 karya foto dari berbagai tema fotografi dari hasil jepretan para mahasiswa. Mulai dari tema ekonomi, lingkungan, pariwisata, pendidikan, people in the news, Alam dan human interest. Karya-karya dari para mahasiswa tersebut ditampilkan pada acara pameran fotografi yang yang digelar oleh mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), di gedung Auditorium IAIN Bengkulu, Senin (23/12).

Ketua Prodi KPI FUAD, Wira Hadi Kusuma menjelaskan, pameran foto tersebut merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar. Hal ini sebagai bentuk implementasi teori selama mereka mengikuti proses perkuliahan di Program Studi KPI.

“Pameran seperti ini perna kita lakukan, tetapi itu sudah lama sekali dan baru kali ini kita gelar lagi. Pameran foto ini dilakukan oleh mahasiswa semester V dari kelas A, B dan C yang melakukan praktik fotografi sebagai implementasi teori yang diperoleh selama mengikuti kuliah. Target kami melalui kegiatan ini bisa semakin mengasah skill dan juga kreatifitas mereka,” jelas Wira kepada BE, kemarin (23/12).

Menurut Wira, para mahasiswa ini memiliki passion dan kreatifitas yang tinggi di bidang seni fotografi dan sinematografi. Terbukti dari beberapa hasil jepretan mereka, sudah bisa disandingkan dengan hasil karya professional fotografi. “Mereka sudah cukup memahami teknik fotografi dengan baik. Mungkin karena sering praktik dan memiliki passion yang tinggi pada bidang ini sehingga lebih cepat memahami teori yang diajarkan,” ungkapnya.

Dengan pameran tersebut, ia berharap dapat memotivasi mahasiswa untuk melahirkan karya yang lebih baik lagi. Karena memperoleh respon positif dari mahasiswa dan dosen yang berkunjung pada kegiatan tersebut. Selain lakukan pameran, mahasiswa juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berfoto ria didalam pameran tersebut dengan mengambil background foto tersebut. \"Kita berharap kedepannya kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan, karena jika hanya mengandalkan teori saja tentunya tidak terlalu membantu, namun dengan praktek langsung dan dilakukan pameran seperti ini, para mahasiswa bisa mengetahuinya secara langsung,\" ucapnya.

Sementara itu, salah satu dosen pengampu mata kuliah jurnalistik IAIN Bengkulu, Rio Susanto mengapresiasi hasil karya mahasiswa KPI. Pameran foto ini merupakan bagian akhir dari kegiatan mata kuliah foto jurnalistik, dimana dalam perjalanannya mata kuliah ini terdapat beberapa kegiatan aplikatif praktek terhadap materi yang diberikan, berupa membuat karya foto jurnalistik. \"Saya bersama dosen pengampu Ibu Rini menginisiasi agar foto-foto tersebut dipamerkan, adapun tujuan dari pameran ini adalah sebagai salah satu tolak ukur pemahaman serta kemampuan mahasiswa baik individu dan kelompok untuk membuat karya foto jurnalistik,\" bebernya.

Selanjutnya, ia mengatakan, dari pameran ini, tersirat besar harapan ia dan dosen pengampu mata kuliah ini kepada mahasiswa dapat menjadi ilmu yang bermanfaat terkhusus bagi mahasiswa yang akan berkecimpung di bidang media massa. \"Semoga ilmu dan pengalaman dalam mata kuliah ini bisa bermanfaat. saya pun mengucapkan terima kasih banyak atas kerja keras dan kretifitas para adik mahasiswa-mahasiswi yang membuat serta mendesain pameran ini,\" tutupnya kepada BE. (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: