Hari Ini, BBM Ke Enggano Mulai Disalurkan

Hari Ini, BBM Ke Enggano Mulai Disalurkan

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah memastikan mulai hari ini (23/12), pengiriman bahan bakar minyak (BBM) ke Pulau Enggano akan didistribusikan menggunakan kapal dengan izin khusus. Hal tersebut bisa dilakukan atas izin yang diberikan Kemeneterian Perhubungan dan KSOP Bengkulu.

\"Senin (23/12), BBM mulai dikirim ke Enggano,\" ujar Rohidin kepada BE, kemarin (22/12).

Pendistribusian BBM ke pulau terluar itu hanya dikhususkan untuk BBM saja. Sedangkan untuk angkutan barang dan penumpang, masih menggunakan kapal KM Sabuk Nusantara. Mengingat Kapal Pulo Tello masih dalam perbaikan. \"Jadi hanya dikhususkan untuk BBM saja,\" tambahnya.

Menurut Rohidin, terhentian BBM itu memang telah terjadi salam satu bulan terakhir ini. Hal itu terjadi atas rusaknya bantalan pelabuhaan Malakoni tempat bersandarnya kapal pengangkut BBM di Pulau Enggano. Sehingga harus menggunakan pelabuhan Kayapu yang digunakan sebagai pelabuhan barang dan penumpang. \"Memang ada kerusakan bantalan pelabuhan. Sistem pengganti itu membutuhkan waktu untuk diberikan izin,\" terang Rohidin.

Bahkan untuk meminta izin itu, gubernur ahrus mendatangai langsung Kemenhub sebanyak dua kali. Termasuk pro aktif dari Bupati Bengkulu Utara untuk meminta bantuan pemerintah pusat juga terus dilakukan. \"Saya meminta maaf kepada masyarakat Enggano. Bukan untuk mengsengsarakan, tapi butuh proses untuk izinya,\" ungkapnya.

Untuk perbaikan pelabuhan, Rohidin mengatakan, juga membutuhkan waktu. Termasuk penganggaran dari Kemenhub. Namun demikian, jika tidak ada halangan tahun depan sudah mulai diperbaiki. \"Semua memang membutuhkan proses dan tahapan ini sudah dilakukan,\" tutup Rohidin. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: