Rumah Quran Nusantara Wisuda Ibu-ibu

Rumah Quran Nusantara Wisuda Ibu-ibu

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Memperingati hari ibu, Rumah Quran Nusantara Provinsi Bengkulu, menggelar wisuda ke-3. Menariknya, para wisudawan adalah seluruhnya dari kalangan perempuan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula gedung pertemuan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(P3P2KB) Provinsi Bengkulu, Minggu (22/12). Pimpinan Rumah Qur\'an Nusantara, Syahrul Azhar menuturkan,

“Khusus memperingati hari ibu, para wisuda perempuan, bahkan ada yang usianya sudah 62 tahun.”

Pelaksanaan wisuda dilakukan bersama-sama disaksikan keluarga dan masyarakat yang hadir. Suasana cukup haru, satu persatu peserta dipanggil namanya, identitas diri hingga moto hidup, sejumlah peserta dan undangan hingga meneteskan air mata. Acara semakin seru setelah mendengarkan mars murojaah quran dilanjutkan dengan potong nasi tumpeng sebanyak 11 nampan, dan merupakan bentuk syukur untuk dikonsumsi secara bersama sama. Para peserta sebelumnya melalui beberapa tahapan seperti pendaftaran, tes, tasmi’ dan wisuda.

\"Semua peserta yang mendaftar, dites tasmi\', \" terang Syahrul Azhar.

Tasmi’ itu proses memperdengarkan semua hafalannya (setoran) kepada para ustadz, ada empat orang yang ditunjuk dan semuanya telah memiliki kemampuan hafalan 30 juz. Lalu para ustadz kami akan membacakan ayat secara acak, lalu mereka meneruskannya. \"Proses itu cukup singkat, karena dimulai sejak Oktober,\" ungkapnya.

Para penghafal Al-Qur’an itu terbagi dari beberapa tingkatan hafalan, ada yang 1 juz, hingga 4 juz. Ini kali ketiga untuk memberikan semangat dan pengaruh baik ibu dalam tonggak pendidikan dalam keluarga. \" Kali ini jumlah wisudawan Ada 62 orang meningkat signifikan dari tahun sebelumnya,\" ungkapnya. Apresiasi disampaikan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Sefti Yuslina.

Terlebih para wisuda dari berbagai profesi, PNS, guru pedagang dan rumah tangga. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berharap para ibu lebih dekat dengan quran untuk menjawab tantangan dan perkembangan zaman teknologi seperti saat ini. Qur\'an merupakan pegangan hidup dalam mendapatka solusi dalam menghadapai tantangan kehidupan sosial saat ini. \"Ibu jadi contoh bagi anak-anak dan mengajak anak tetangga untuk dekat dengan Al-Qur\'an,\" imbuhnya. Rumah Qur\'an Nusantara menyedikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin belajar Qur\'an mula mengenal huruf hingga hafal Qur\'an, bebernya.

Disisi lain pembina PKK provinsi Bengkulu Syafrida Wati sangat mengapresiasi pelaksanaan wisuda dari kalangan ibu-ibu. \"Ini luar biasa, mencerminkan gigihnya seorang ibu, dan kedepan jadi tauladan. Ibu benar-benar jadi contoh tauladan bagi guru, belajar giat dan maju. Ibu muda milenium saat ini, hanya bentuk ceremoni, dan ucapan belaka, tapi bagaimana memaknai dengan pembentukan anak anak yang lebih mandiri dan maju,\'\' tukasnya. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: