Hadapi Pilgub dengan Santai

Hadapi Pilgub dengan Santai

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Darlinsyah menegaskan, Pilgub yang sudah di depan mata ini harus dihadapi dengan santai. Artinya, baik penyelenggara, peserta maupun calon kandidat tidak perlu bersitegang dalam menghadapi pesta demokrasi tersebut.

“Namanya pesta, artinya harus dihadapi dengan santai,” terang Darlin kepada BE, usai coffee morning menyongsong Pemilukada Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Rakyat Bengkulu dan KPU Provinsi, di Hotel Santika Bengkulu, kemarin (18/12).

Dijelaskannya, pemilihan kepala daerah (Pilkada) telah diatur dalam undang-undang. Kompetisi yang telah dilegalkan ini tentu harus bisa dijaga bersama. Semua memiliki peran, tidak hanya KPU dan Bawaslu. Namun semua pihak harus ikut berperan, sama-sama mensuksesnya pesta demokrasi tersebut. “KPU bekerja untuk jujur dan adil. Bawaslu mengawasi dan semua pihak harus ikut terlibat menyukseskannya,” paparnya.

Untuk itu, dalam coffee morning menyongsong Pemilukada ini semua diundang. Baik dari Bawaslu, partai politik (parpol, kepolisian, kejaksaan, media, mahasiswa, OKP dan ormas yang ada di Provinsi Bengkulu. Semua komponen ini diminta untuk ikut bersam-sama komitmen menyukseskan pilkada. “Kita sepemahaman, berkomitmen bersama. Masing-masing ada fungsinya. Jadi tidak hanya mengajak masyarakat berpartisipasi saat pencoblosan, tapi juga saat tahapan saat ini,” tegas Darlin.

Sementara itu, Asisten lll Setdaprov Bengkulu, Gotri Suyanto mengatakan, pemprov akan mendukung penuh untuk menyukseskan Pilgub tahun depan. Sehingga bisa terpilih kepala daerah sesuai dengan harapan masyarakat. “Tentu kita dukung penuh, agar suksesnya penyelenggaran pemilu,” terang Gotri.

Di sisi lain, General Manager (GM) Harian Rakyat Bengkulu, Marshal Abadi mengatakan, kegiatan ini bagian dari awal sinergitas untuk menyongsong Pilkada 2020 mendatang. Dengan dialaog dan diskusi melalui coffe morning ini, bisa menyambut tahapan pilkada dan sosialisasi tahapan pilkada mendatang. \"Harapan kita, tahapan Pilkada berjalan dengan lancar. Tentu bisa terpilih kepala daerah sesuai harapan masyarakat,” tandas Marsal. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: