Dua Desa Belum Cairkan DD

Dua Desa Belum Cairkan DD

 

CURUP, bengkuluekspress.com - Mendekati batas akhir penyaluran Dana Desa (DD) tahun 2019 yang tinggal menghitung hari lagi. Masih ada dua desa dari total 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong yang belum mencairkan Dana Desa. Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Achmed Chalid ST mengungkapkan dua desa yang belum mencairkan dana desa tersebut adalah Desa Selamat Sudiarjo dan Desa Air Mundu yang ada di Kecamatan Bermani Ulu.

\"Hingga saat ini Desa Selamat Sudiarjo dan Desa Air Mundu belum juga mencairkan dana desas,\" sampai Achmed.

Dijelaskan Achmed, hingga kemarin kedua desa tersebut baru mengajukan pencairan dana desa tahap I, karena sebelumnya kedua Kades desa tersebut tersangkut masalah hukum terkait dengan penggunaan dana desa ditahun sebelumnya. Tak hanya belum mencairkan dana desa, menurut Achmed kedua desa tersebut juga belum mencairkan Anggaran Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019.

Untuk bisa memproses pencairan dana desa dan anggaran dana desa, kedua desa tersebut harus mendapat rekomendasi dari Kejaksaan Negeri dan Inspektorat Rejang Lebong. Dimana rekomendasi untuk pencairan dana desa dan anggaran dana desa telah dikeluarkan pada November lalu. \"Pasca dikeluarkannya rekomendasi untuk pencairan tersebut, kedua desa ini sudah mengajukan pencairan, hanya saja berkas yang mereka jukan tidak lengkpa sehingga harus dikembalikan lagi,\" terang Achmed.

Dengan sisa waktu yang ada, Achmed mengaku pihaknya tengah berupaya agar pencairan dana desa maupun anggaran dana desa didua desa tersebut bisa dicairkan, minimal menurut Achmed bisa membayar honor perangkat desa dalam satu tahun terakhir. Kemudian untuk realisasi dana desa tahap III atau tahap terakhir sebesar 40 persen menurut Achmed sudah terealisasi sebesar Rp 44 miliar dari total sebesar Rp 110,8 miliar. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: