Operasi Lilin Nala Segera Dilaksanakan

Operasi Lilin Nala Segera Dilaksanakan

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Polda Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral Operasi Lilin-Nala, pengamanan Natal dan tahun baru 2020 di aula Gedung Adem Mapolda Bengkulu, Selasa (17/12) pagi. Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Supratman mengatakan, untuk memaksimalkan Operasi Lilin-Nala 2019 seluruh instansi dan masyarakat harus terlibat. Artinya bukan hanya TNI-Polri saja yang melakuan pengamanan. Masyarakat juga harus menjaga situasi khamtibmas.

Adapun yang menjadi fokus perhatian dalam Rakor tersebut diantaranya antisipasi konvoi, balap liar dan narkoba. Sejumlah titik yang menjadi fokus pengamanan diantaranya gereja, pasar, pusat perbelanjaan dan tempat wisata. Nantinya personel gabungan TNI dan Polri disebar di berbagai titik-tersebut.

\"Saya mengajak seluruh instansi untuk menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan tugas pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2020. Hal tersebut kita lakukan agar tercipta situasi khamtibmas sehingga Provinsi Bengkulu aman dan kondusif. TNI dan Polri siap melakukan pengamanan,\" jelas Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan, karena Desember sudah memasuki musim penghujan, instansi terkait harus siap mengantisipasi jika terjadi kemungkinan bencana akibat hujan lebat atau angin kencang. Alat berat harus sudah siap sehingga jika terjadi bencana alam langsung bisa diturunkan ke lokasi.Bahkan Kapolda mengajak seluruh Ketua RT ikut serta memaksimalkan pengamanan. Kapolda meminta seluruh Ketua RT untuk mengaktifkan peraturan tamu harap lapor 1x24 jam. \"Antisipasi bencana alam dengan menyiapkan alat berat, untuk para Ketua RT saya minta tolong aktifkan dan maksimalkan peraturan tamu harap lapor,\" imbuh Kapolda.

Asisten III Setdaprov Bengkulu Gotri Suyanto mengatakan, terkait pengamanan, Dishub sudah disiapkan untuk membantu mengatur dan mengamankan arus lalu lintas. Karena, diprediksi Bengkulu bakal dipadati masyarakat saat malam pergantian tahun nanti. Untuk itu, seluruh stake holder harus tetap bersinergi untuk mengantisipasi hal yang tidak didinginkan. \"Kita sudah siapkan Dishub untuk membantu TNI dan Polri, terutama untuk mengatur arus lalu lintas,\" jelas Gotri.

Kasrem 041/Gamas Letkol Arh M Fatkhurrahman SIP menegaskan, Korem 041/Gamas dan jajaran siap bersinergi dengan Polri melakukan pengamanan natal dan tahun baru 2020.\"TNI siap bersinergi dengan Polri mengamankan natal dan tahun baru 2020,\" tegas Kasrem. (167)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: