IKM Pastikan Netral

IKM Pastikan Netral

CURUP, bengkuluekspress.com - Dalam Pelaksanaan Pilkada 2020, baik pemilihan Gubernur Bengkulu maupun Bupati Rejang Lebong, Ikatan Keluarga Minang (IKM) memastikan netralitasnya. Kepastian netralistas dari wadah masyarakat minang tersebut disampaikan oleh Ketua IKM Rejang Lebong, Oyong Judin. Hal tersebut disampaikan Oyong setelah dipilih kembali secara aklamasi dalam Musda ke III IKM Rejang Lebong Minggu (15/12) di gedung IKM yang ada di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah.

\"Dalam Pilkada 2020 mendatang, saya pastikan bahwa IKM netral terhadap pasangan manapun baik untuk Gubernur Bengkulu maupun Bupati Rejang Lebong,\" tegas Oyong kemarin.

Menurut Oyong, meskipun secara organisasi mereka menyatakan netral dalam Pilkada serentak 2020, namun untuk secara individu masyarakat Minang atau keturunan Minang yang ada di Kabupaten Rejang Lebong dipersilakan untuk menentukan pilihan masing-masing karena menurutnya itu adalah hak konstitusi sebagai warga negara. \"Memang secara organisasi kita netral, namun untuk individunya kita serahkan kepada individu masing-masing,\" tambahnya.

Sementara itu, dengan terpilihnya kembali sebagai Ketua IKM Rejang Lebong, Oyong berkomitmen akan meneruskan program-program yang sudah ada termasuk program yang selama ini belum salah satunya pengadaan tanah kuburan untuk masyarakat Minang yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Selanjutnya program yang akan ia lakukan yaitu memberdayakan jurai-jurai yang ada di Kabupaten Rejang Lebong termasuk memperbanyak pembinaan cabang olahraga. Karena menurut Oyong ia mengaku selama ini baru satu olahraga yang serius mereka lakukan pembinaan yaitu cabang bulutangkis. \"Untuk olahraga kedepannya akan lebih banyak lagi kita fokuskan setelah selama ini kita fokus pada pengembangan bulutangkis,\" tambah Oyong.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, fokus yang akan ia lakukan yaitu memajukan kesenian khususnya kesenian minang di Kabupaten Rejang Lebong, terutama untuk jurai-jurai yang pengembangan kesenianya belum maksimal, karena menurutnya selama ini hanya beberapa jurai saja yang keseniannya hidup dan berkembang. Di sisi lain, ia juga menegaskan bahwa, keberaan IKM sendiri tak lain untuk mempersatuan dan mempererat persaudaraan masyarakat Minang atau masyarakat keturunan Minang yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. \"Yang paling utama dari keberadaan IKM ini adalah mempersatukan dan memperat persaudaraan masyarakat Minang atau masyarakat keturunan Minang yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini,\" sampainya.

Dalam Musda III IKM Rejang Lebong kemarin, Oyong Judin terpilih kembali memimpin IKM Rejang Lebong secara aklamasi setelah 12 jurai yang ada di Rejang Lebong sepakat menunjuk kembali Oyong sebagai Ketua IKM Rejang Lebong. 12 Jurai yang sepakat menunjuk Oyong kembali memimpin IKM adalah, IKB, IKSBTS, IKPS, IKLB, IKM Manin, IKM Selupu Rejang, KKPD, KIAT, KKAAC, KADP, SAS dan Pertadas. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: