Gubernur Perintahkan PPL Data Poktan

Gubernur Perintahkan PPL Data Poktan

LEBONG, bengkuluekspress.com –Pastikan kebutuhan handtraktor para petani di Kabupaten Lebong, Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA, meminta kepada seluruh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk mendata jumlah Kelompok tani (Poktan) sesuai dengan jumlah luasan hamparan lahan yang dimiliki.

Hal tersebut disampaikan Gubernur ketika menyerahkan secara simbolis 48 unit motor kepada PPL dan 4 unit alat mesin pertanian (Alsintan) berupa 2 unit Handtraktor dan 2 unit Cultivator kepada 4 Poktan yang ada di Kabupaten Lebong. Penyerahan sendiri dilaksanakan di desa Pelabuhan Talang Leak Kecamatan Bingin Kuning.

“Saya minta di tahun depan (2020) melalui teman-teman PPL tolong didata langsung jumlah Poktan,” pintanya.

Nantinya seluruh PPL melakukan pendataan berapa jumlah Poktan dan luasan hamparan pertanian sehingga nanti bisa di cek dalam perencanaan dan diketahui berapa kebutuhan hendtraktor di Kabupaten Lebong. Hal ini terebut agar pemerintah Provinsi bisa menganggarkan. “Untuk anggaran saya pastikan saya bisa menganggarkannya,” sampainya.

Namun untuk sementara waktu, silahkan poktan untuk menggunakan handtraktor yang sudah ada saat ini, karena di tahun selanjutnya handtraktor kembali akan diberikan kepada Poktan yangbenar-benar telah terdata dan disampaikan oleh PPL. “Silahkan terlebih dahulu menggunakan yang saat ini ada,” pintanya.

Dengan dibagikannya alsintan dirinya berharap kedepan hasil pertanian di Kabupaten Lebong lebih meningkat produksinya, sehingga akan berpengaruh dengan meningkatnya perekonomian masyarakat Lebong. “Memang untuk anggaran alsintan tahun 2019 ini hanya mencapai Rp 3 miliar dari usulan Rp 15 miliar, namun hal tersebut dikarenakan jumlah usulan dari Pemprov juga sedikit,” tutupnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: