Linmas Harus Paham Tupoksi

Linmas Harus Paham Tupoksi

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Sebagai upaya untuk peningkatan peran serta Perlindungan Masyarakat (Linmas), Pemerintah Kota Bengkulu (Pemkot) menggelar acara pelatihan anggota satuan Linmas yang ada di Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, Kamis pagi (12/12). Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi Linmas di tengah-tengan masyarakat.

\"Tujuan dari pelatihan dan pembekalan bagi anggota Linmas ini tidak lain agar para Linmas paham tentang tugas dan fungsi Linmas,\" terang Wakil Wali Kota Bengkulu, Dedy Wahyudi SE MM.

Menurutnya, Linmas merupakan satuan perlindungan masyarakat yang mempunyai tugas penting dalam mendukung penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan di tengah-tengah masyarakat. \"Selain itu, Linmas juga bertugas untuk melaksanakan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di kelurahan,\" jelasnya.

Selain itu, lanjut Dedy, Linmas juga mempunyai beberapa fungsi lainnya, yakni membantu memelihara dan meningkatan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan juga mengurangi risiko akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa. \"Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan,\" imbuhnya.

Selain itu, satuan Linmas juga harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat yang ada di Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. “Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah Kota Bengkulu khususnya di Kelurahan Betungan,” katanya.

Ia berharap, melalui pelatihan ini Linmas yang ada di Kelurahan Betungan akan semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam menjaga stabilitas keamanan lingkungan. \"Satuan Linmas merupakan mitra dari pihak Kepolisian dan TNI dalam menjaga Kantibmas di wilayahnya,\" tuturnya.

Sementara itu, Kepala Lurah Betungan, M Juanda menggatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya pelatihan dan pembekalan Linmas oleh Pemkot, hal itu tidak lain agar Linmas yang ada di kelurahannya bisa kembali aktif dan memahami fungsi dan tugasnya. \"Kita sangat bersyukur ada kegiatan pelatihan seperti ini, semoga kedepan satuan Linmas Betungan bisa menjadi contoh bagi kelurahan lainnya,\" tutupnya. Berdasarkan pantauan BE, kegiatan pelatihan berjalan dengan tertib, seluruh peserta tampak antusias dan serius dalam mengikuti pelatihan tersebut. (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: