Dit Polairud Gelar Operasi Pukat Nala

Dit Polairud Gelar Operasi Pukat Nala

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Direktorat Polairud Polda Bengkulu menggelar apel kesiapan pelaksaan Operasi Pukat Nala 2019, di Mako Direktorat Polairud Polda Bengkulu, Kamis (12/12) pagi. Pelaksanaan Operasi Pukat Nala dimulai tanggal 13 sampai 20 Desember 2019. Operasi tersebut melibatkan 182 personel gabungan dari TNI dan Dinas Kelautan. Wakil Direktur (Wadir) Dit Polairud Polda Bengkulu AKBP Nyoman Budiarja kepada BE kemarin (12/12) menuturkan,

\"Pelaksanaannya 13 sampai 20 Desember 2019, kita bekerja sama dengan TNI dan dinas terkait.\"

Target Operasi Pukat Nala adalah penertiban alat tangkap yang dilarang digunakan, seperti alat tangkap ikan trawl dan pukat harimau. Nantinya pelaksanaan operasi dibagi 4 satgas yang memiliki tugas masing-masing. Mulai dari satgas preemtif, satgas prefentif, satgas gakkum dan satgas banops.

Operasi dilakukan di tengah laut lepas. Selain itu, satgas juga melakukan penyisiran disekitaran perumahan nelayan. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan Operasi Pukat Nala 2019. \"Operasi dilakukan di tengah laut, tetapi juga kita lakukan sweeping mencari langsung alat tangkap dilarang disekitaran perumahan nelayan,\" pungkas AKBP Nyoman.

Sudah pasti tujuan dari operasi tersebut adalah membersihkan alat tangkap ikan yang dilarang digunakan. Sehingga tidak ada lagi nelayan menggunakan alat tangkap yang berbahaya bagi ekosistem laut. (167)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: