Stok Beras Aman Hingga 6 Bulan

Stok Beras Aman Hingga 6 Bulan

CURUP, bengkuluekspress.com - Terkait dengan ketersediaan stok beras di gudang Perum Bulog Cabang Rejang Lebong, Kepala Cabang Bulog Rejang Lebong, Muhammad Ade Saputra meminta masyarakat tak perlu khawatir. Karena stok beras yang ada saat ini cukup untuk enam bulan kedepan.

Dimana menurut Ade, saat ini stok beras di gudang Bulog Cabang Rejang Lebong sebanyak 740 ton. Stok tersebut menurutnya tidak hanya cukup untuk Kabupaten Rejang Lebong saja, melainkan juga untuk dua kabupaten lain yang menjadi wilayah kerja Bulog Cabang Rejang Lebong yaitu Kabupaten Lebong dan Kepahiang.

\"Untuk stok beras yang ada di gudang Bulog Cabang Rejang Lebong saat ini sebanyak 740 ton, dan itu cukup untuk stok selama enam bulan kedepan ditiga kabupaten yaitu Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang,\" sampai Ade saat dikonfirmasi Rabu (11/12) kemarin.

Dijelaskan Ade dari total 750 ton beras yang ada di Gudang Bulog Cabang Rejang Lebong tersebut, sebanyak 450 ton adalah beras jenis medium dan sisanya adalah beras jenis premium atau komersil. Beras-beras tersebut menurutnya siap untuk dilepas ke pasar dengan harga untuk beras medium diharga Rp 8.600 per Kg dan beras premium diharga Rp 10.500 per Kg. \"Beras-beras yang kita miliki ini siap kita lepas ke pasar tanpa harus menunggu operasi pasar terlebih dahulu,\" paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk dilepas kepasaran, beras medium yang dimiliki Bulog Cabang Rejang Lebong bisa dibeli dengan sistem cupak (satuan ukur setara 2 liter yang umum dipakai masyarakat) dengan harga satu cupaknya Rp 13.600. Sedangkan untuk beras premium mereka jual dalam bentuk kemasan 5 Kg dan 10 Kg. \"Beras yang dimiliki Bulog ini adalah beras lokal yang kita ambil dari petani dibeberapa kabupaten baik diwilayah kerja kita maupun luar wilayah kerja kita,\" aku Ade.

Menurut Ade, saat ini kualitas beras yang dihasilkan Bulog sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah namun harganya jauh lebih rendah dari harga dipasar sesuai dengan tujuan dari hadirnya Bulog yaitu untuk menstabilkan harga pasar.

Tak hanya beras, menurut Ade saat ini ketersedian sejumlah sembako di gudang Bulog Cabang Rejang Lebong juga stabil dimana untuk stok daging kerbau beku sendiri saat ini sebanyak 6 ton, kemudian minyak goreng sebanyak 10 ton, terigu sebanyak 3 ton dan gula pasir sebanyak 4 ton. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: