Tes Panwascam Secara Online

Tes Panwascam Secara Online

CURUP, bengkuluekspress.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong mengungkapkan mekanisme tes tertulis untuk penerimaan Panwascam kali ini berbeda dengan biasanya. Dimana menurutnya, dalam pelaksanaan tes tertulis seleksi Panwascam kali ini akan dilakukan secara online.

\"Saat ini Bawaslu sudah merancang pelaksaan tes bagi calon anggota Panwascam tidak dilakukan secara tertulis namun akan dilaksanakan secara online,\" sampai Ketua Bawaslu Rejang Lebong, Dodi Hendra Supiarso saat dikonfirmasi Rabu (27/11) kemarin.

Hanya saja menurut Dodi, meskipun pelaksanaan tes secara online tersebut sudah dicanangkan Bawaslu RI, namun belum ada kepastian apakah akan dilaksanakan diseluruh kabupaten dan kota atau hanya sebagian saja, karena menurut Dodi bisa saja nanti akan disesuai dengan jumlah peserta yang akan mengikuti tes dan sejumlah faktor lainnya termasuk lokasi untuk melaksanakan tes online.

Meskipun pelaksanaan tes online tersebut belum bisa dipastikan, namun Bawaslu RI sudah meminta Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong untuk menyiapkan lokasi yang bisa digunakan untuk lokasi tes online. Dodi mengaku Bawaslu Rejang Lebong sendiri saat ini sudah menyiapkan di IAIN Curup. Dimana pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan IAIN Curup, dan IAIN Curup siap untuk memafasilitasinya.

\"Saat ini yang sudah siap di IAIN Curup 2 ruang, masing-masing ruangan berisian 20 komputer, IAIN juga menyatakan kesiapannya untuk menambah bila memang dibutuhkan lebih dari 2 ruangan tersebut,\" jelas Dodi.

Pelaksanaan tes secara online tersebut nantinya akan dilaksanakan serentak diseluruh tanah air, dimana soalna terpusat ke Bawaslu RI dengan materinya mulai dari pengetahuan umum, undang-undang dan tentunya terkait dengan Pilkada dan pengawasan.

Disisi lain, Dodi mengungkapkan dalam perekrutan Panwascam kali ini sedikit berbeda dengan rekrut sebelumnya, salah satunya para peserta akan diminta untuk mengisi google form terkait dengan survey Bawaslu RI mengenai tingkat kepuasan mengenai proses pendaftaran Panwascam. Dimana pengisian form tersebut akan dilaksanakan saat tes tertulis secara online dan wawancara.

Kemudian menurutnya, dalam tes tertulis dan wawancara tidak akan dilakukan sistem gugur, sehingga menurutnya untuk seluruh peserta yang dinyatakan lolos secara administrasi secara otomatis akan mengikuti seleksi tertulis dan wawancara.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, dihari pertama pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftar rekruitmen Panwascam di Kantor Bawaslu Rejang Lebong sudah banyak pendaftar yang mendatangi Kantor Bawaslu Rejang Lebong yang ada di Jalan Basuki Rahmat Kelurahan Dwi Tunggal Kota Curup. Pendaftaran dan penerimaan berkas tersebut akan berlangsung hingga tanggal 3 Desember mendatang. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: