Launching Pilkada Digelar 18 Desember

Launching Pilkada Digelar 18 Desember

CURUP, bengkuluekspress.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong akan segera melaunching pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong. Rencananya launching Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong tersebut akan dilaksanakan pada 18 Desember mendatang.

\"Untuk launching Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong rencananya akan kita laksanakan pada 18 Desember ini,\" sampai Koordinator Divisi Teknis KPU Rejang Lebong, Fahamsyah.

Menurut Fahamsyah, dalam kegiatan launching Pilkada serentak tersebut juga akan dilaksanakan peluluran maskot Pilkada dan sosialisasi pemilihan. Kegiatan tersebut, menurut Fahamsyah akan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat Rejang Lebong. \"Untuk maskot Pilkada Rejang Lebong 2020 dirancang oleh KPU Rejang Lebong sendiri tanpa disayembarakan,\" tambah Fahamsyah.

Di sisi lain, terkait dengan tahapan Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2020 mendatang. Menurut Fahamsyah saat ini KPU Rejang Lebong sudah siap untuk menerima syarat bagi calon yang akan maju melalui jalur perseorangan atau independen dalam Pilkada serentak 2020 mendatang.

Dimana menurut Fahamsyah sejak tanggal 11 Desember nanti akan dibentuk formulir B.1 KWK yang dilampiri dengan foto copy KTP masing-masing warga yang memberikan dukungan kepada calon yang akan maju melalui jalur perseorangan. \"Untuk calon perseorangan, membutuhkan dukungan minimal 10 persen dari DPT pada Pemilu 2019 lalu,\" paparnya.

Dukungan minimal 10 persen tersebut, menurut Fahamsyah yaitu sebanyak 20.334 dukungan karena jumlah DPT Pemilu 2019 lalu sebanyak 203.336 pemilih. Dukungan tersebut menurut Fahamsyah harus tersebar minimal delapan kecamatan dari total 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. \"Kalau untuk yang maju melalui partai politik, minimal 20 persen dari total kursi yang ada di DPRD Rejang Lebong, karena saat ini total kursi di DPRD Rejang Lebong 30 kursi, sehingga minimal dukungan untuk maju melalui partai politik adalah enam kursi,\" demikian Fahamsyah. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: