30 Wartawan Uji Kompetensi

30 Wartawan Uji Kompetensi

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Sebanyak 30 orang wartawan dari berbagai media pers di Provinsi Bengkulu mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW). Kegiatan yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Dewan Pers itu, tidak lain untuk meningkatkan kualitas wartawan dalam memproduksi karja jurnalistik.

\"Peningkatakan kualitas wartawan ini sangat penting agar mampu terwujudkan wartawan yang berintegritas,\" terang Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antony SH MH saat membuka kegiatan UKW di aula Hotel Rafflesia Bengkulu, kemarin (26/11).

Dikatakannya, UKW kali ini digelar selama dua hari. Penguji wartawan ini berasal dari Dewan Pers pusat. Semua peserta UKW dengan berjenjang. Seprti jenjang muda, madya dan utama. \"Semua wartawan akan diuji, seberapa besar pengetahuannya tentang tugas wartawan,\" tambahnya.

Setelah mengikuti semua sesi UKW, maka tim penguji akan menentukan lulus atau tidaknya wartawan tersebut. Jika lulus, maka wartawan itu akan mendapatkan sertifikat UKW dan dinilai berkompeten dalam dunia jurnalistik. \"Kalau tidak lulus, artinya bisa ikut tahun depan. Karena insy Allah, PWI akan rutin setiap tahun untuk menggelar UKW,\" tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatikan dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Bengkulu, Jaduliwan yang mewakili gubernur mengatakan, peningkatan profesionalisme wartawan memang sangat penting dilakukan. Ketika kompetensi itu telah teruji, maka pemerintah juga bisa melakukan kaloborasi dalam pembangunan daerah. \"Wartawan juga sebagai pilar pembangunan daerah. Artinya profesionalisme wartawan juga sangat dibutuhkan,\" terang Jaduliwan.

Ditengah banyaknya media pers tumbuh di Indonesia termasuk Bengkulu, maka akan membutuhkan wartawan. Wartawan juga harus dibekali pengetahuan agar informasi yang diberikan bisa berkualitas dan mencerdaskan masyarakat. \"Kita sangat apresiasi kegiatan ini,\" pungkasnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: