Fokus Pada Kesejahteraan Masyarakat Indonesia

Fokus Pada Kesejahteraan Masyarakat Indonesia

 

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Power China Resouces Limited terus berkomitmen untuk pengembangan perusahaan dengan fokus pada kesejahteraan perusahaan dan masyarakat Indonesia. Bahkan sejak pembangunan proyek Bengkulu, peserta proyek mulai turut andil dari aspek sumber daya manusia, manajemen proyek dan konstruksi budaya, dan terus meningkatkan level manajemen lokal.

Seperti diketahui, Provinsi Bengkulu merupakan daerah dengan tingkat ekonomi terbelakang di Sumatera. Kekurangan talenta manajemen menengah dan tinggi dalam berbagai spesialisasi teknis, manajemen keuangan, dan manajemen bisnis, sulit bagi sumber daya manusia lokal untuk memenuhi kebutuhan manajemen proyek. Untuk mencapai tujuan tersebut, pihak-pihak yang berpartisipasi dalam proyek konstruksi menggunakan cara lain yaitu untuk memperluas lingkup perekrutan.

Selain petugas operasional direkrut secara lokal, Manajemen menengah dan senior direkrut dengan menggunakan strategi “berjalan dengan dua kaki”. Pertama, sumber daya manusia bertalenta untuk manajemen kelas atas, tanpa batasan geografis, merekrut dari kota-kota besar seperti ibukota Indonesia, Jakarta dan kota besar Medan. Kedua, untuk personel manajemen tingkat menengah, melalui rekrutmen lulusan baru dari perguruan tinggi lokal, mencari kesempatan dari perusahaan lokal dan cara-cara serta metode lain untuk mencari personel keuangan, spesialisasi air, manajemen dokumen, dan bisnis.

Strategi \"berjalan dengan dua kaki\" telah meningkatkan kualitas dan efisiensi alokasi sumber daya manusia berbakat dengan sangat baik dan meningkatkan tingkat lapangan pekerjaan lokal; pada saat yang bersamaan, peningkatan berkelanjutan dari proporsi manajer menengah dan senior secara efektif memainkan keunggulan hubungan sosial lokal dengan karyawan lokal, meletakkan fondasi penting untuk operasi lokalisasi dan pembangunan proyek perusahaan pembangkit listrik.

Tidak hanya sistem perekrutan karyawan, PLTU Bengkulu juga melibatkan tim managemen lokal. 14 perusahaan lokal atau perusahaan gabungan dalam pembangunan proyek. Mencakup beberapa bidang konstruksi seperti konstruksi pondasi tiang pancang, konstruksi tempat tinggal sementara, pembersihan dan penimbunan kembali, konstruksi sipil, instalasi dan konstruksi, konstruksi cerobong asap, konstruksi dermaga dan transmisi listrik dan proyek konstruksi lainnya.

Masuknya tim subkontraktor lokal sangat mengurangi biaya tenaga kerja konstruksi, dan membentuk mekanisme komunikasi dan komunikasi yang efektif dengan tim manajemen proyek Tiongkok dimana dapat saling belajar dan maju bersama, meningkatkan kemampuan integrasi sumber daya tim manajemen proyek dan kemampuan manajemen tim lokal. Kemampuan manajemen yang komprehensif seperti kemampuan dalam mengatasi urusan lokal. David De, kepala tim subkontraktor cerobong asap dari proyek Bengkulu, mengatakan kepada staf manajemen lokasi Tiongkok:

“Proyek Bengkulu membuat saya merasakan kemampuan manajemen dan kontrol yang kuat dari Power Construction Corporation of China dalam manajemen teknik dan merasakan pesona Manajemen Tiongkok. Selama pembangunan proyek, tim manajemen Tiongkok dan Indonesia serta tim konstruksi saling bertukar ide dan belajar dari satu sama lain, terutama untuk saya pribadi mengalami peningkatan yang sangat besar. \"

Tidak hanya itu, perbedaan budaya antara Tiongkok dan Indonesia sangat besar, membuat proses pembangunan proyek saling bertabrakan. Untuk itu, demi meningkatkan lokalisasi budaya, tim manajemen proyek dengan jelas meminta karyawan Tiongkok dari perusahaan pembangkit listrik untuk “tidak mengkonsumsi minuman beralkohol di tempat umum, tidak memberikan makanan ke karyawan lokal dengan tangan kiri mereka, tidak makan daging babi dan produk mengandung babi di depan umum, karyawan wanita tidak diperbolehkan mengenakan rok pendek dll”.

Menghormati adat istiadat dan kepercayaan agama setempat. Di bawah manajemen dan kontrol organisasi \"empat-dalam-satu\" dari perusahaan konstruksi listrik dan \"tema bulanan\" dari serikat pekerja Powerchina Resources Limited, perusahaan pembangkit listrik memberikan permainan penuh sebagai peran utama kepada pemilik dan memperkuat komunikasi antara karyawan kedua negara melalui serangkaian kegiatan budaya, berkomunikasi dan mendorong integrasi budaya.

Selain itu, di bawah bimbingan budaya Powerchina Resources Limited dengan \"marine culture\" sebagai intinya, PT. Tenaga Listrik Bengkulu telah merumuskan sistem perawatan humanistik yang sehat, memberikan kehangatan saat ulang tahun, ucapan selamat saat festival hari raya, dan membangun budaya perusahaan berupa keterbukaan, toleransi, dan harmoni. Efek positif dari pembangunan budaya terus ditunjukkan dalam proyek Bengkulu.

Gadis Muslim yang merupakan putri daerah asal Bengkulu bernama Yaya yang bertanggung jawab atas pekerjaan administrasi PT Tenaga Listrik Bengkulu, pernah berkata dengan mendalam, \"Karyawan lokal yang bekerja di proyek Bengkulu beruntung dan bahagia, karena di sini karyawan Tiongkok dan Indonesia saling menghormati dan saling membantu, bekerja sama, dan sangat harmonis,\" tutur Yaya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: