Targetkan 400 Hektar Sawah Baru

Targetkan 400 Hektar Sawah Baru

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Pertanian (TPHP) menargetkan cetak 400 hektare sawah baru 2020 mendatang.  Hal ini dilakukan untuk mendorong program swasembada pangan serta mewujudkan Bengkulu sebagai lumbung padi nasional.

\"Seluas 400 hektare lahan sawah baru akan dicetak di dua kabupaten, yakni Bengkulu Utara dan Mukomuko. Itu berdasarkan hasil Survei Investigas Design (SID),\" kata Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan, kemarin (14/11).

Ia mengaku, pada 2018 lalu, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui dana APBD Provinsi sudah mencetak sekitar 400 hektare lahan sawah baru. Tetapi untuk program cetak 400 hektare lahan sawah baru baru akan dimulai pada 2020 mendatang dan akan dibiayai oleh APBN. \"Biaya untuk mencetak 1 hektar lahan sawah baru disiapkan anggaran sebesar Rp 16 juta. Dengan syarat lahan cetak sawah baru harus memiliki ketersediaan pasokan air dan petani yang akan menggarapnya,\" tuturnya.

Selain itu, lahannya tidak bersengketa atau berada di dalam hutan lindung. Sehingga dikemudian hari lahan tersebut tidak bermasalah. \"Untuk mencetak sawah baru harus lahan yang bebas sengketa,\" ujarnya.

Lebih jauh Ricky menambahkan, berdasarkan data Badan Pertanahan Nasional (BPN), sekitar 40 persen areal persawahan yang ada di Provinsi Bengkulu sudah beralih fungsi. Sehingga hal demikian yang menjadi dasar Pemprov terus mengupayakan cetak lahan sawah baru setiap tahunnya.

\"Untuk potensi areal pencetakan sawah di Provinsi Bengkulu sebenarnya bisa mencapai 6 ribu hektar yang tersebar di seluruh kabupaten/kota dalamwilayah Provinsi Bengkulu. Ditargetkan cetak lahan sawah baru seluas 6 ribu hektar tersebut nantinya juga akan dilakukan secara bertahap,\" tutupnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: