Kamtibmas dan Pelayanan Publik Harus Lebih Baik

Kamtibmas dan Pelayanan Publik Harus Lebih Baik

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Drs Ari Dono Sukmanto SH meresmikan kenaikan tipologi Polda Bengkulu dari tipe B menjadi tipe A di halaman Mapolda Bengkulu, Selasa (12/11) pagi. Dalam sambutan yang disampaikan Wakapolri, karena sudah naik menjadi tipe A, indikator tingkat kamtibmas dan pelayanan publik harus lebih baik dari sebelumnya.

Untuk itu Polda Bengkulu dan jajaran harus mengedepankan tindakan kepolisian yang humanis, mengoptimalkan pelayanan publik bebasis teknologi yang cepat, murah dan mudah. Bekerja dengan target terukur, baik itu dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Lakukan penegakan hukum yang jujur, benar, adil dan konsisten. Lakukan pemantapan manajemen media untuk menjaga citra Polri.

\"Saya mengucapkan selamat atas kenaikan tipologi Polda Bengkulu dari tipe B menjadi tipe A. Pada intinya kenaikan tipologi untuk memberikan semangat kepada polda jajaran dalam rangka meningkatkan pelayanan lebih optimal kepada masyarakat,\" jelas Wakapolri.

Upaya menaikkan tipologi Polda tidak mudah, sesuai dengan peraturan polisi nomor 4 tahun 2018 tentang pembentukan perubahan tipe keposian negara setidaknya ada 9 kriteria agar Polda naik menjadi tipe A, sebut saja dimensi goografi, demografi, Sumber Daya Alam, Ideologi, Politik, Ekonomi, sosial budaya, harkamtibmas dan kemampuan kesatuan.

Setelah itu di pertimbangan asesmen dan kajian dari Polri kemudian baru disetujui Kemenpan RB. Karena sudah naik tipe A, tentu saja akan berdampak pada pengembangan jenjang kepangkatan, tujuannya untuk meningkatkan kualitas SDM. Penambahan anggaran dan personel serat sarana dan prasarana. Yang harus digaris bawahi adalah harus tetap dinamis, lincah dan gesit sehingga semakin memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Jika tidak sesuai dengan kinerja yang ditetapkan Mabes Polri, bisa saja kenaikan tipologi dievaluasi dan bisa turun tipe lagi.

\"Pasti tidak ingin hal tersebut terjadi, karena kenaikan tipe ini suatu prestasi bukan hanya untuk Polda saja, tetapi perjuangan bersama dengan Pemerintah Provinsi dan masyarakat Bengkulu. Terlebih lagi Bengkulu relatif sangat bagus jika menggelar agenda bertaraf nasional,\" imbuh Wakapolda.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, perjuangan yang sudah dilakukan Polda Bengkulu dan Pemprov Bengkulu akhirnya tercapai dengan kenaikan tipologi. Target selanjutnya adalah menaikkan tipe Korem yang saat ini hanya tinggal menunggu Kepres kelembagaan disetujui, meningkatkan tipe Lanal Bengkulu, menjadikan IAIN Universitas. \"Tujuannya untuk membuka kekutan Bengkulu agar bisa membangun lebih baik,\" tegas Gubernur.

Upacara peresmian kenaikan tipologi dihadiri seluruh PJU Polda Bengkulu, seluruh Kapolres jajaran, Bupati serta unsur Forkopimda serta beberapa pimpinan media cetak dan elektronik di Bengkulu. Beberapa mantan Kapolda Bengkulu juga hadir, sebut saja Brigjen Pol (Purn) Ruslan Riza, Irjen Pol (Purn) Benny Mokalu, Irjen Pol (Purn) Tatang Soemantri, Irjen Pol (Purn) Yovianes Mahar dan Irjen Pol (Purn) M Ghufron. Atraksi dol juga ditunjukkan oleh puluhan personel polisi dan TNI.(167/Prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: