Polda Bengkulu Sudah Sejajar dengan 23 Polda se Indonesia

Polda Bengkulu Sudah Sejajar dengan 23 Polda se Indonesia

\"\"

FOTO IMAN/BE - Komjen Pol Drs Ari Dono menadantangani prasasti tanda peresmian kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A di lapangan apel Mapolda Bengkulu, Selasa (13/11).

Wakapolri: Kenaikan Tipologi Harus Dibarengi Peningkatan Kualitas Pelayanan 

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu akhirnya sudah sejajar dengan 26 Polda dari 34 Polda di Indonesia. Hal ini setelah dikukuhkannya kenaikan tipologi Polda Bengkulu dari tipe B menjadi tipe A  oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Drs Ari Dono Sukmanto SH, Selasa (12/11), dengan ditandai penandatangan prasasti di lapangan apel Mapolda Bengkulu, Selasa (12/11/19).

Wakapolri mengatakan, bersamaan dengan Polda Bengkulu ada 8 Polda lagi yang sudah naik tipologi. Tentunya dengan kenaikan tipologi ini, harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

\"Tentunya kenaikan tipologi ini untuk memberi semangat baru kepada anggota jajaran dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sejauh ini sudah ada 9 Polda (termasuk Polda Bengkulu) di Indonesia yang sudah naik tipelogi. Tentunya kenaikan tipelogi ini harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan ke masyarakat,\" kata Komjen Pol Ari Dono kepada wartawan.

Ia menjelaskan, ada 9 kriteria yang harus dipenuhi untuk menaikan tipelogi Polda. Untuk Polda Bengkulu, kesembilan kriteria itu sudah terpenuhi. Kenaikan tipelogi ini juga akan diiringi penyesuaian kenaikan pangkat dan penambahan jumlah personil.

\"Ya penyesuaian juga dilakukan dari mulai jumlah personil, Kapolda bintang dua dan Wakapolda bintang satu serta peningkatan pelayanan masyarakat. Nanti jika sudah naik tipe A pelayanan ke masyarakatnya tidak bisa menyesuaikan akan kita evaluasi dan tidak menutup kemungkinan bisa turun lagi ke tipe B, \" ujar Wakapolri dalam kegiatan yang dihadiri Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Danlanal Bengkulu dan undangan lainnya tersebut.

Sementara itu, berdasarkan data dari Mabes Polri, saat ini tinggal 7 Polda lagi yang masih di tipologi B, yaitu Polda Kalimantan Utara, Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Sulawesi Barat, Polda Maluku Utara, Polda Bangka Belitung, dan Polda Papua Barat. Sedangkan Polda Metro Jaya, satu satunya Polda yang tipologinya sudah A-K (A+).(Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: