Cinta Batik Basurek Sejak Dini

Cinta Batik Basurek Sejak Dini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Sebagai upaya mengenalkan warisan budaya batik sejak dini kepada anak-anak. Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Bengkulu, baru-baru ini melibatkan anak Paudni untuk mengikuti karnaval Batik Basurek, yang dipusatkan di bundaran Simpang Lima, kota Bengkulu, Sabtu (9/11).

Kepala Bidang Paudni dan Dikmas Dikbud Kota Bengkulu Minarni SPd menuturkan kepada BE, karnaval batik basurek dimanfaatkan untuk mengenalkan warisan budaya batik khas Bengkulu. Acara karnaval ini gabungan dengan karnaval batik yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bengkulu. Hanya saja rute khusus anak usia dini yang melibatkan seluruh PAUD se-kota Bengkulu diperpendek.

\"Kami ingin mengenalkan budaya ini sejak dini, dengan memberikan edukasi pada siswa/siswi Paudni tentang batik basurek khas Bengkulu, \" cetusnya.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta Paudni dismbut antusias oleh peserta dari berbagai lembaga PAUD. Sejumlah peserta ada yang mengenakan pakaian batik dari kertas, baju dari limbah plastik dan lainnya.

Ditergaskan Minarni, dengan karnaval seperti ini, maka sinergisitas pemerintah dengan lembaga pendidikan dalam hal pelestarian budaya dapat dijadikan agenda tahunan. Dengan momentum seperti ini tidak perlu dikawatirkan kedepan cinta budaya ini juga melahirkan rasa cinta tanah air. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: