97 Pendamping Dilatih Beternak Ayam

97 Pendamping Dilatih Beternak Ayam

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 97 pendamping program bantuan unggas diberikan pelatihan cara beternak ayam oleh Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Padang Mengatas. Peserta sendiri berasal dari Tenaga Kerja Sukarela Kecamatan (TKSK), Babinsa Pendamping Kecamatan serta pihak pihak terkait lain yang melakukan pengasawan penyaluran bantuan unggas kepada Rumah Tangga Miskin pertanian (RTMP) sebanyak 3.231 RTMP di Kabupaten Kaur.

“Pendamping ini mereka kita latih agar nanti dalam beternak unggas para petani dapat dengan mudah memelihara unggasnya hingga mengatasi bila ada masalah penyakit,”kata Espian SPt Kabid Pembibitan dan Produksi Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu saat membuka acara Bimtek kemarin (6/11).

Dikatakannya, pemberian materi ini Bimtek Training Of Tranier (TOT) agar dapat membantu dan memverfikasi bantuan bersama dengan tim verifikasi lainnya, selaian itu juga mengetahui jumlah dana yang masuk mendokumentasikan kondisi ternak dan juga melaporkan bila ada ternak mengalami masalah dilapangan. “Diminta juga nanti membuat laporan perkembangan distribusi harian pakan dari ternak itu sendiri sehingga dapat diketahui perkembangannya nanti,” imbuhnya.

Selain dari TKSK dan pendamping, Kades setempat juga diharapkan melaksanakan pengawasan terhadap seluruh proses kegiatan masing masing desa, serta berkoordinasi dengan instansi terkait salah satunya babinsa dan babinkamtibmas yang juga diharapkan dapat membantu dalam pengawasan. “Diharapkan nantinya penerima bantuan ini benar benar sampai sesuai dengan daftar penerima dan memastikan tak ada pungutan dalam penyaluran bantuan ini,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, di Kabupaten Kaur mendapat bantuan dari kementerian pertanian (Kementan) RI kepada 3.231 RTMP yakni bantuan ternak ayam melalui program Kementan RI. Bantuan ini berupa 161.550 ekor ayam ternak dilengkapi dengan bantuan kandang, pakan dan obat-obatan. Distribusi bantuan uang dan kandang kegiatan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja). Penerimanya berasal dari lima kecamatan yakni Muara Sahung, Kinal, Padang Guci Hulu, Kelam tengah dan Kecamatan Maje.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: