Mau Kuliah Sambil Kerja di Jerman? Begini Caranya

Mau Kuliah Sambil Kerja di Jerman? Begini Caranya

CURUP, bengkuluekspress.com - Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sedang menjalankan program Ausbildung atau program kuliah sambil bekerja di Jerman yang dikhususkan bagi tamatan SMA yang rentang usia dari 18 tahun sampai 30 tahun.

Khusus di Rejang Lebong sebenarnya program tersebut sudah berlangsung pertengahan tahun lalu dan sudah banyak diketahui warga. Hanya saja bagi yang belum tahu bisa mendaftarkan diri ke Disnakertrans Rejang Lebong.

Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja (IPK) Disnakertrans Rejang Lebong, Sakdes, menyampaikan, semakin diminati program Ausbildung setelah adanya salah satu masyarakat Rejang Lebong yaitu Yugo Puspito alumni SMKN 3 Rejang Lebong tahun 2018 yang sudah mengikuti program tersebut sejak bulan Juni lalu.

\"Selain ada satu yang sudah mengikuti program Ausbildung, saat ini ada tujuh warga Rejang Lebong yang tengah mengikuti kursus bahasa Jerman untuk mengikuti program tersebut. Selain itu, ada lima orang warga Rejang Lebong yang baru mendaftar untuk mengikuti progam tersebutm,\" jelas Sakdes.

Mereka yang bisa mengikuti program Ausbildung tersebut adalah para remaja yang baru tamat dari SMA atau SMK . Mereka yang mendaftar untuk melanjutkan pendidikan setingkat Diploma III (DIII) di Jerman.

\"Rentang usia untuk mengikuti program ini yaitu 18 sampai 30 tahun, kemudian tamatan SMA sederajat dan mengambil formulir di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Rejang Lebong,\" kata Sakdes.

Kemudian pendaftar akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 25 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk keperluan kursus bahasa jerman, biaya administrasi pendidikan sebelum berangkat ke Jerman dan biaya lainnya. Tahapan sebelum berangkat ke Jerman tersebut berkisar antara 8 sampai 10 bulan.

\"Saat ini kursus bahasa Jerman masih dilakukan di Kota Bandung Jawa Barat. Namun bila nanti peserta yang mendaftar mencapai minimal 40 orang, maka kursus bahasa Jerman tersebut bisa dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong,\" ujar Sakdes.

Menurut Sakdes, program Ausbildung ini sangat bagus untuk masyarakat Rejang Lebong khususnya lulusan SMA sederajat yang masih bingung untuk melanjutkan pendidikan. Dalam pelaksanaanya mereka akan menimba ilmu selama tiga tahun di Jerman sembari bekerja dengan gaji perbulannya sekitar Rp 6 juta.

\"Gaji Rp 6 juta perbulan tersebut akan diterima bersih karena mereka tidak akan membayar uang kuliah ataupun uang makan sehari-hari,\" demikian Sakdes.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: