Atasi Sampah, Libatkan IRT

Atasi Sampah, Libatkan IRT

\"\"MERIGI, Bengkulu Ekspress – Kelurahan Durian Depun Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang melibatkan ibu rumah tangga (IRT) dalam mengatasi permasalahan sampah. Penumpukan sampah diberbagai titik menjadi persoalan, karena menimbulkan bauh busuk serta memperburuk pemandangan. Lurah Durian Depun, Mirpandani SH mengambil langkah serius dengan melibatkan IRT untuk diajak aktif dalam pengelolaan sampah rumah tangga, setiap harinya dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.Melainkan sampah-sampah tersebut dapat dikelola secara baik hingga bisa memberikan nilai tambah.

\"Caranya dengan dikelola, sampah rumah tangga bisa dibuat pupuk dan memiliki nilai ekonomisnya,” ucap Mirpandani.
Bukan hanya mengimbau secara lisan, tetapi Kelurahan Durian Depun melakukan edukasi kepada kaum IRT dengan memberikan pelatihan. Ada sebanyak 70 IRT di Durian Depun sudah mendapatkan pembekalan mengenai cara pengelolaan persampahan.
“Sebagai gerakan awal, ada sekitar 70 IRT sudah mendapatkan Diklat, khususnya di lingkungan kelurahan serta masyarakat umum sudah mempunyai kemampuan dalam pengendalian sampah. Mereka bisa mempraktikan di rumah masing-masing,” ucap Mirpandani.(320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: